Ayat: Satpol PP Mesti Humanis

Rabu, 27 April 2016

Wakil Walikota Pekanbaru Ayat Cahyadi,S.Si bersama tim penilai UKS Pusat.

PEKANBARU-riautribune: Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) yang ke 66 dan perlindungan masyarakat (Linmas) ke-54 serta hari otonomi daerah, Rabu (27/4), di halaman kantor Walikota Pekanbaru. Wakil Walikota Pekanbaru, Ayat Cahyadi, langsung bertindak sebagai Inspektur upacara. Hadir dalam acara ini kasatpol PP serta kepala satuan kerja perangkat daerah dan juga para camat.

Wakil Walikota, Ayat Cahyadi, S.Si mengatakan, tema dari peringatan HUT Satpol PP dan Linmas kali ini adalah "Dengan semangat HUT Satpol PP ke 66 dan HUT Linmas ke 54 wujudkan satuan Polisi Pamong praja yang humanis, berdedikasi,disiplin dan tegas". "Kepada seluruh Satpol PP dimanapun bertugas, saya ucapkan selamat ulang tahun ke 66 dan selamat ulang tahun Linmas yang ke 54," kata Ayat Cahyadi saat membacakan sambutan Menteri Dalam Negeri (Mendagri)

Ayat menegaskan, Satpol PP haruslah mempunyai sikap dan SDM yang harus selalu diperhatikan. Tidak hanya itu, mereka juga harus mampu menjalankan tugas yang tertuang dalam perundang-undangan. "Keberadaan Satpol PP merupakan salah satu potensi dalam pemerintahan daerah. Belum lagi keterbukaan informasi saat ini membuat masyarakat dapat membandingkan aparatur pemerintah. Jika kerja Satpol PP tidak maksimal maka bagaimana jika terpublikasi ke luar," ujar Ayat.

Untuk itu, seluruh kepala daerah agar dapat memaksimalkan keberadaan Satpol PP di tengah masyarakat. Ditambah Satpol PP sangat rentan gesekan kepentingan dan konflik dengan masyarakat, oleh karena itu keberadaannya di tengah masyarakat harus benar-benar diperhatikan. "Pelaksanaan patroli yang dilakukan oleh Satpol PP dengan sarana dan prasarana yang kurang memadai menjadi alasan belum dapat optimalnya tugas mereka," kata Ayat.

Lanjutnya, Satpol PP sendiri juga diminta untuk mempunyai totalitas dan disiplin yang tinggi, terutama disiplin diri sendiri sebelum menertibkan orang lain. "Melalui DAK yang di berikan kepada 54 daerah sebesar Rp66 miliar, termasuk Pekanbaru diharapkan dapat meningkatkan dukungan untuk Satpol PP terhadap pencapaiannya sebagai perangkat daerah," harap Ayat. (adv/hms-pku)