Gempa Sumbar Terasa Di Bagansiapiapi, Gedung Bupati Rohil Turut Bergoyang

Jumat, 25 Februari 2022

Gedung Bupati Rohil di Batu Enam berdiri kokoh meski turut bergoyang saat terjadi gempa di Pasaman Sumbar, Jumat (25/02/2022). (Foto: Amran)

BAGANSIAPIAPI, Riautribune.com - Guncangan gempa bumi bermagnitudo 6,2 scala richter yang mengguncang Pasaman Barat, Sumatera Barat, Jumat (25/2/2022), juga terasa di Bagansiapiapi, Bangko, Rokan Hilir (Rohil).

Goncangan terasa hanya beberapa detik. Rumah bergoyang seperti di lewati truk bermuatan besar. Permukaan air kolam terlihat bergejolak. Goncangan memang terasa kecil, sehingga tidak ada rumah penduduk yang mengalami kerusakan.

Begitu juga dengan Gedung Bupati Rohil yang berada di kawasan pusat pemerintahan Pemkab Rohil di Batu Enam, tidak mengalami kerusakan. Meski demikian beberapa pegawai yang ditemui mengaku kaget dan panik saat merasa gedung tempat mereka bekerja bergoyang-gotang.

"Gedung terasa bergoyang-goyang Para pegawai yang berada di dalam pada berlarian keluar gedung, Bang," kata Muhammad Jufri, personil Satpol PP Pemkab Rohil yang sedang tugas jaga dilantai dasar gedung.

Sekda Rohil HM Job Kurniawan, pagi itu sedang berada di ruangan kerja di Lantai II gedung tertinggi di Rohil itu. Personel Satpol PP menyebutkan Sekda sedang menerima tamu dan urusan kerja.

Tidak seperti pegawai lainnya, yang berhamburan keluar gedung, Sekda HM Job Kurniawan tetap berada di dalam ruang kerjanya.

"Pegawai lainnya pada panik. Keluar gedung memakai tangga. Sampai di luar pada ngeliati gedung. Setelah tidak terasa bergoyang, dan gedung terlihat biasa saja, para pegawai masuk lagi ke dalam," terang Jufri.

Gedung setinggi delapan lantai, dengan kubah besar diatasinya itu, tidak ada mengalamai kerusakan. "Tidak ada bangunan gedung yang retak. Kaca yang pecah juga tidak ada," tandasnya. (amran)