Pedagang Jajanan Anak-Anak Kini Tak Kesulitan Cari Minyak Goreng, Sudah Banyak Toko yang Jual

Sabtu, 19 Februari 2022

Pedagang jajanan anak-anak kini tidak kesulitan beli minyak goreng, meski harga jual minyak goreng diatas harga pemerintah. (Foto: Amran)

BAGANSIAPIAPI, Riautribune.com - Beberapa hari belakangan ini, minyak goreng sudah banyak dijual toko penjual sembako. 

Sehingga rumah tangga, pedagang gorengan dan jajanan anak-anak relatif tidak kesulitan mencari minyak goreng, meski harga jual minyak goreng rata-rata masih dijual di atas harga yang ditetapkan pemerintah. 

"Sudah banyak toko yang jual minyak goreng. Kalau kemarin-kemarin memang sulit dapatnya," kata Aini, ibu-ibu pedagang jajanan anak-anak di seputaran SDN 006 Bangko,  Sabtu (18/02/2022).

Minyak goreng yang dibeli Aini, berbeda harga. Ada yang Rp 30.000 untuk 2 liter, ada pula yang jual Rp17.000 dan Rp18.000 tiap liter minyak goreng kemasan. Minyak goreng eceran juga sudah banyak toko yang jual, namun harga masih diatas ketetapan pemerintah dan stoknya terbatas. 

"Ada juga minyak goreng enceran seharga Rp15.000 seliter. Sekarang sudah banyak toko yang jual minyak goreng. Kalau minggu lalu memang agak sulit dan harganya juga sampai Rp40.000 tiap 2 liter," ucapnya, sambil menyebut beberapa toko yang menjual minyak goreng enceran dan kemasan. 

Hal sama juga disampaikan Wak Man,  pedagang jajanan bakso, sosis, dan telur goreng di depan SMP Setia Budi. Jajanan jenis ini memang sangat digemari anak-anak sekolah. Tiap hari, rata-rata Wak Man dapat menghabiskan 5 kg/liter minyak goreng dengan harga Rp20.000 /liter. 

"Beli minyak goreng enceran di toko, caranya pesan dulu. Sudah langganan gitu. Tapi harganya masih diatas harga yang ditetapkan pemerintah, disebabkan stok minyak goreng sedang sedukit," katanya. 

Kenaikan harga minyak goreng beberapa bulan belakangan ini, sebutnya, tidak membuat pedagang menaikkan jajanan yang digemari anak-anak usia sekolah itu. "Kita tetap jual Rp 1.000 tiap gorengan, meski keuntungan yang diperoleh tipis," tuturnya. (Amran)