Cara Cek Kuota Prodi SNMPTN 2022

Jumat, 18 Februari 2022

JAKARTA, Riautribune.com - Mengecek kuota atau daya tampung SNMPTN 2022 bisa dilihat langsung di laman resmi Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). Berikut cara cek kuota prodi SNMPTN 2022.

Proses pendaftaran SNMPTN dapat dilakukan secara online, mulai dari pembuatan akun di laman LTMPT hingga memilih program studi (prodi) pada perguruan tinggi incarannya.

Sebelum memutuskan untuk memilih jurusan/prodi dan perguruan tinggi, siswa dapat mengecek kuota prodinya terlebih dahulu. Hal ini dilakukan untuk mempertimbangkan seberapa besar peluang kamu diterima.

Informasi kuota prodi atau daya tampung SNMPTN 2021 dapat diakses melalui situs resmi LTMPT. Data yang disajikan merupakan daya tampung berdasarkan tahun 2021. Namun, bisa menjadi acuan bagi siswa yang akan masuk ke PTN tahun ini.

Berikut cara cek kuota prodi SNMPTN 2022 di seluruh PTN di Indonesia.

Buka situs LTMPT di https://ltmpt.ac.id/
Jika sudah masuk, pilih menu 'Daftar PTN' yang berada di sisi kiri laman LTMPT
Lanjutkan dengan memilih 'SNMPTN'
Kemudian cari dan klik nama universitas yang ingin diketahui informasinya
Pada layar akan muncul daftar prodi kategori saintek dan soshum

Klik prodi yang akan dipilih. Setelah itu, akan muncul informasi mengenai jenjang, daya tampung, peminat, dan portofolio yang harus disubmit sesuai dengan pilihan prodi.
Selain lewat situs LTMPT, cara cek kuota prodi SNMPTN 2022 juga bisa dilihat di website masing-masing PTN.

Selain bisa melakukan cek kuota prodi SNMPTN 2022, siswa juga bisa melihat beberapa informasi lain dengan cara yang sama.

Misalnya ingin melihat jumlah prodi, alamat website kampus, peminat 2021, rekam jejak prodi, dan lain sebagainya. Informasi ini akan terlihat jelas di situs LTMPT.

Aturan Memilih Program Studi
Terdapat tiga aturan yang harus diikuti oleh siswa dalam memilih prodi, sebagai berikut.

Setiap siswa memilih dua program studi dari satu atau dua PTN
Jika memilih dua prodi, salah satu prodi harus berada di PTN pada provinsi yang sama dengan SMA/SMK/MA asalnya. Jika memilh satu prodi, dapat memilih PTN di provinsi mana pun.

Disarankan untuk tidak lintas minat. Namun ketentuan ini bergantung pada PTN yang dituju.

Demikian cara cek kuota prodi SNMPTN dan hal yang harus diperhatikan dalam memilih prodi.