Formiskusi Pekanbaru Kunjungi Rumah Produksi Batik Gunung Toar

Kamis, 10 Februari 2022

Formiskusi Pekanbaru Kunjungi Gerai Batik Kuansing di Gunung Toar. (Foto: Istimewa)

KUANSING, Riautribune.com - Forum Mahasiswa Islam Kuantan Singingi (Formiskusi) Pekanbaru mengunjungi Rumah Produksi Batik Jalur Batik Nagori di Desa Pisang Berebus Kecamatan Gunung Toar, Kamis (10/02/2022).

Kunjungan tersebut adalah suatu bentuk silaturrahmi antara Formiskusi Pekanbaru dengan Batik Jalur Batik Nagori. Selain itu juga kunjungan tersebut sebagai bentuk menambah ilmu dan wawasan tentang Batik Kuansing kepada para Mahasiswa yang tergabung dalam Formiskusi Pekanbaru.

"Kunjungan ini bukan hanya ajang silaturrahmi saja, namun untuk melihat langsung warisan budaya juga belajar membatik mulai dari proses awal dari kain putih sampai pada pewarnaan." kata Ketua Umum Formiskusi Pekanbaru, Bustanul Khairi.

Dikatakan Bustanul, kunjungan ke Batik Jalur Batik Nagori guna belajar membatik dan mengenal lebih dalam filosofi batik Kuantan Singingi ini memang sangat diharapkan guna melestarikan warisan budaya batik di Indonesia Khususnya Kuantan Singingi. 

Bustanul menambahkan, dengan diaadakannya kunjungan ke Gerai dan Rumah Produsen Batik Jalur Batik Nagori tersebut, dapat membuka pintu bagi Batik Kuansing bersama Formiskusi Pekanbaru guna mendukung dan mempromosikan Batik Kuansing sebagai salah satu warisan Budaya dari Kuansing agar lebih di kenal banyak Masyarakat luar.

Sementara itu, Surmayanti pemilik Gerai Batik Jalur Batik Nagori yang selalu gencar mempromosikan Batik mempromosikan kerajinan Batik. 

"Saya sangat berterimakasih kepada Formiskusi karena mempunyai semangat dalam membantu mempromosikan Batik Kuansing sebagai kerajinan dan warisan budaya dari Kuansing, Dan Insyallah bulan 3 saya akan membawa Batik Kuansing ke Dubai,"  ucap Surmayanti

Kunjungan dimulai pada pukul 10.00 WIB bertempat di Gerai Batik Jalur Batik Nagori di Desa Pisang Berebus. Kunjungan di hadiri oleh Ketua Umum, Bustanul Khairi, Sekretaris Umum, Aprilia Fitriani dan juga Anggota Formiskusi Pekanbaru lainnya, Shelly Septian Della, dan Afdal Febrian. (Okta Prayuza)