Bupati Rohil Afrizal Sintong dan Istri Akan Mendapat Gelar Ningrat Dari Keraton Surakarta

Rabu, 09 Februari 2022

Bupati Rohil Afrizal Sintong, dan istri Sanimar Afrizal. (Foto: Istimewa)

BAGANSIAPIAPI, Riautribune.com - Bupati Rohil Afrizal Sintong SIP, dan isteri, Sanimar Afrizal SPd, akan mendapat gelar ningrat dari Keraton Surakarta Hadiningrat, Solo, Jawa Tengah (Jateng).

Adapun gelar keraton yang akan diperoleh Bupati Rohil Afrizal Sintong adalah Kanjeng Raden Temenggung, serta istri, Sanimar Afrizal SPd adalah Kanjeng Mas Temenggung. 

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Komunikasi, Informasi, Statistik, dan Persandian (Kadis Kominfotiks) Indra Gunawan SE, yang dikonfirmasi membenarkan bahwa Bupati Afrizal Sintong dan istri Sanimar Afrizal akan memperoleh gelar nigrat dari Keraton Surakarta Hadinigrat, Solo, Jateng. 

"Ia betul. Tapi gelar ningrat (dari Kraton Surakarta) itu baru didapat jika Bupati dan istri mengikuti, hadir langsung prosesi pemberian gelar ningrat tersebut di Keraton Surakarta," kata Indra, didampingi Kabid IKP Diskominfotiks Hasnul Yamin SE, di Lantai IV Kantor Bupati Rohil, Selasa (9/02/2022).

Jika Bupati Afrizal Sintong dan isteri Sanimar Afrizal tidak hadir secara langsung prosesi penganugrahan gelar ningrat tersebut, maka tidak dapat menyandang gelar dari Keraton Surakarta. 

"Sekarang ada ketentuan bahwa yang menerima gelar keraton itu harus hadir langsung dalam prosesi penganugerahan. Kalau tidak hadir, maka gelar itu tidak diberikan," tambah Indra.  

Penganugerahan gelar ningrat dari Kraton Surakarta Hadiningrat itu dijadwalkan akan dilaksanakan pada Sabtu (26/02/2022) di Kraton Surakarta dalam Rangka Memperingati Tinagalandalem Jumenengan SISKS Pakoe Boewono XIII. 

Gelar ningrat tersebut tidak saja akan diberikan kepada Bupati Rohil Afrizal Sintong dan isteri Sanimar Afrizal, juga diberikan kepada tokoh masyarakat, pejabat,  pengusaha dan tokoh-tokoh dari berbagai negara, dan seluruh penerima gelar ningrat tercatat sebagai kerabat Kerarton Surakarta Hadiningrat. (Amran)