Terima Mandat HNSI Kabupaten Bengkalis, H Mawardi: Lokasi Ini Sangat Strategis

Sabtu, 29 Januari 2022

H Mawardi menerima mandat untuk pembentukan Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Bengkalis. (Foto: Istimewa)

BENGKALIS, Riautribune.com - H Mawardi menerima  mandat pembentukan Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kabupaten Bengkalis dari pengurus Provinsi Riau.

"Beberapa waktu lalu kami menerima mandat tersebut dari pengurus Provinsi Riau. kemudian secepatnya kita akan melaksanakan Musyawarah Cabang (Muscab) di Bengkalis," kata dia.

Mawardi yang juga merupakan Anggota DPRD Kabupaten Bengkalis itu menyebutkan pembentukan HNSI di Kabupaten Bengkalis memang sangat diperlukan, mengingat tingginya jumlah masyarakat di Kabupaten Bengkalis yang berprofesi sebagai nelayan terutama di pulau Bengkalis dan Rupat.

"Dimana wilayah ini merupakan lokasi yang sangat strategis karena aktifitas nelayan berada di selat Melaka berbatasan langsung dengan Negara Malaysia di mana daerah tersebut juga Rawan terjadi Konflik antar nelayan maupun ilegal fishing," kata dia lagi.

Selain itu, lanjut Mawardi juga terdapat nelayan kita di kecamatan Bukit Batu, Siak Kecil dan Bandar Laksamana, serta nelayan kita yang berada di kecamatan Mandau, Pinggir, Tualang Mandau dan Bathin Solapan HNSI di harapkan bisa menjadi wadah dalam menyuarakan nasib nelayan. 

Selain itu HNSI juga akan menjadi perpanjangan tangan pemerintah dalam memberikan informasi terkait program apa saja yang di upayakan pemerintah bagi para nelayan di Kabupaten Bengkalis.

"Kami sangat berharap dengan hadirnya HNSI nantik, mampu menjadi jembatan bagi nelayan yang ada di Kabupaten Bengkalis untuk mensinergikan program-program pemerintah mulai dari Pusat, Provinsi dan Kabupaten yang berimbas kepada kemakmuran dan kesejahteraan para nelayan dan pelaku usaha," ucapnya.

Sementara untuk pegelaran Muscab nanti akan hadir pengurus HNSI Provinsi Riau dan kita juga sedang mengupayakan Ketua Dewan Pimpinan Pusat dan Ketua Koperasi HNSI juga bisa hadir.

"Jadi HNSI sudah memiliki Koperasi, sehingga jika memang diperlukan nantik maka Koperasi tersebut bisa di buka kantor cabangnya di Bengkalis," tutur Mawardi.

Dengan terima mandat tersebut, dia berharap HSNI mampu jembatani dan memakmurkan nelayan di Bengkalis.***