Dandim 0321/Rohil Diberikan Gelar Adat Datuk Paduko Setia Diraja dari LAMR Rohil

Selasa, 25 Januari 2022

Majelis Kerapatan Adat Melayu Rohil Datuk H Nasrudin Hasan memasangkan keris kepada Letkol Inf Muhammad Erfani, Dandim 0321/Rohil, yang dianugrahi gelar adat Datuk Paduko Setia Diraja dari LAMR Rohil dan Kerapatan Adat Rohil. (Foto: Amran)

BAGANSIAPIAPI, Riautribune.com -  Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Rokan Hilir (Rohil) bersama Kerapatan Adat Melayu Rohil, menganugrahkan gelar Datuk Paduko Setia Diraja kepada Letkol Inf Muhammad Erfani SH MTr (Han), yang kini menjabat Komandan Kodim 0321/Rohil, mengantikan Letkol Arh Agung Rakhman Wahyudi. 

Prosesi pemberian dan pentabalan gelar adat tersebut dilaksanakan Selasa (25/1/2022) di halaman Rumah Dinas (Rumdin) Bupati Rohil di Jalan Perwira, Bagansiapiapi. 

Prosesi pentabalan ditandai dengan pemasangan kain sarung, selempang, tanjak dan keris, masing-masing oleh Datuk H Kudri Juned, Datuk H Wazirwan Yunus, dan Majelis Kerapatan Adat Datuk H Nasrudin Hasan.

"Terimakasih atas penghormatan yang telah diberikan kepada kami," kata Letkol Muhammad Erfani.

Dikatakan Erfani, ia bersama istri baru dua hari (bertugas di Rohil) sudah diberi kehormatan yang sangat besar dengan mendapatkan gelar adat. Gelar adat yang didapat, ujarnya, secara adat kebudayaan merupakan salah satu penghormatan besar yang diberikan oleh masyarakat di wilayah yang ditempati. 

"Insya Allah saya akan berusaha untuk menjaga amanah yang telah diberikan kepada kami begitu juga istri kami," jelas Erfani.

Datuk H Wazirwan Yunus, Pengurus Harian LAMR Rohil mengatakan, pemberian dan pentabalan gelar adat Datuk Paduka Setie Diraja berdasarkan Surat Keputusan LAMR Rohil Nomor : Istimewa/1/2022 tentang Pemberian dan Pentabalan Gelar Adat Kepada Dandim 0321/Rohil Letkol Inf Muhammad Erfani. 

"Kepada Dandim 0321/Rohil Letkol Inf Muhammad Erfani SH MTr (Han) diberikan gelar Datuk Paduko Setia Diraja," kata Wazirwan Yunus. 

Gelar gelar adat ini, ucap Wazirwan Yunus,  bersiat mengikat kepada pribadi yang bersangkutan selama menjaga dan melestarikan, serta menjaga adat istiadat Melayu Rohil. "Serta amanah," tutur Yunus. 

Majelis Kerapatan Adat Melayu Rohil, H Nasrudin Hasan mengatakan gelar Datuk Paduko Setia Diraja merupakan gelar panglima. 

"Gelar Datuk Paduko Setia Diraja itu merupakan gelar panglima, yang menunjukkan semangat dan kesetiaan kepada raja,  yang di jaman sekarang ini adalah pemerintah," ujar Nasrudin. 

Pentabalan gelar adat dari LAMR Rohil dihadiri Bupati Rohil Afrizal Sintong, Wabup H Sulaiman, sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Camat Bangko Aspri Mulya, Kakan Pertanahan H Rocky Soenoko, Syahbandar, KPU, Baznas, pengurus LAMR Rohil, MUI, LDI, Pengurus Muhammadiah, tokoh masyarakat Rohil H Azhar Syakban, H Karim, Ustad Ibrahim, Ustad Jeprizal, Ustad Julian, Ketua-Ketua Suku se Rohil, dan lain-lain.

Juga dihadiri 16 oeganisasi profesi dan kepemudaan, yakni LLMB, RMB, KNPI, GMRB, PWI Rohil, PBB, LVRI, GP Ansor, FKUB, IDI, DKD, Lion Club, IKA PMII, Gagak Hitam,  LA2MR, RMB dan LHMR Bangko, serta perbankan BRI, BNI, BSM, Bank Riau, Bank Rohil dan Direktur BUMD Rohil. (Amran)