Waduh, Wagub Riau tak Tahu Pemprov akan Bangun Dua Gedung Perkantoran Terpadu

Jumat, 21 Januari 2022

Wakil Gubernur Riau, Edy Natar Nasution (dok. Istimewa)

PEKANBARU, Riautribune.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau merencanakan pembangunan dua gedung tinggi di Jalan Cut Nyak Dien Pekanbaru yang nantinya direncanakan  dipakai untuk komplek perkantoran terpadu.

Dilansir dari media lain, Wakil Gubernur Riau, Edy Natar Nasution mengatakan bahwa dia belum mengetahui rencana pembangunan tersebut, saat ditemui awak media di Gedung Daerah Pauh Janggi, pada Kamis lalu (20/1/2022).

"Saya tidak ngikuti itu, jadi saya kurang tahu. Yang mana itu?” kata Edy saat ditanya oleh awak media.

Karena belum bisa menjawab, Edy langsung bertanya kepada Kepala Badan Kepegawain Daerah (BKD) Riau, Ikhwan Ridwan yang saat itu berada didekatnya.

Sebelumnya, Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau mengemukakan kepada publik melalui awak media tentang rencana Pemprov Riau mengenai pembangunan tersebut. Bangunan itu direncanakan untuk menyatukan area perkantoran antar OPD di Kantor Gubernur Riau.

Tower perkantoran ini nantinya akan dibangun masing-masing dengan ketinggian 7 lantai dan 12 lantai. Untuk akses kedua gedung ini juga ?akan dibangun jembatan penghubung dengan konsep skybridge atau jembatan layang.

"Ya nanti nanti kita bangun, ada enam dinas yang akan masuk ke perkantoran. Agar tidak ada yang tercecer lagi, contohnya Dinas Pariwisata, Dekranasda, itu kan tercecer jauh dari Kantor Gubernur Riau," kata Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau, SF Hariyanto, dihadapan media pada Rabu (19/1/2022).

Sekdaprov juga membahas, sebelum rencana tersebut dimulai, sejumlah perkantoran seperti Badan Kepegawaian Daerah (BKD), Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), Dinas Pendidikan serta Inspektorat akan dibongkar.

"Kegiatan perkantoran di instansi yang akan dibongkar itu nantinya akan ditempatkan di sejumlah gedung lainnya, seperti di Jalan Kuantan, Ronggo Warsito," ulasnya.

Hariyanto menilai, pembangunan dua gedung itu dinilai penting, karena gedung perkantoran beberapa instansi tersebut sudah lama dan kurang representatif.

"Pembangunan gedung itu juga akan berdampak terhadap jumlah pegawai kita ke depan, karena kita sudah prediksi jumlah pegawai kita 10 tahun ke depan," pungkasnya.

SF Hariyanto mengatakan, Pemprov Riau sudah mendapat dukungan dari DPRD Provinsi Riau.

“Alhamdulillah rencana kita ini sudah mendapat dukungan dari DPRD Provinsi Riau," tutup SF Hariyanto. (reynold)