Yesica Raih Juara 1 Acara DCR Chevron

Jumat, 01 April 2016

PEKANBARU-riautribune: Yesica Olivia dari SMAN 1 Dumai, kelas 12 Sosial yang meraih juara I DCR 2016 mengaku senang dan tidak menyangka akan keluar sebagai jawara. Karena menurutnya 64 peserta lainnya memiliki kemampuan lebih hebat. "Mereka orang-orang yang cerdas dan berprestasi," ujarnya merendah ketika diwawancarai wartawan baru-baru ini di Country Club Rumbai Chevron.

Yesica merupakan siswi yang berprestasi. Semenjak kelas 10 (SMA kelas I) dia selalu menjadi juara umum di sekolahnya. Anak pertama dari lima bersaudara ini ingin melanjutkan pendidikan S1-nya di Universitas Riau dengan mengambil jurusan Hubungan Internasional Fisipol UR. "Cita-cita saya pengin jadi diplomat atau hakim. Karena Diplomat bisa berhubungan dengan dunia internasional," bebernya.

Hobinya yang membaca, menulis membuat Yesica bisa berbahasa Inggris secara otodidak. Sebagai orang tua, tambahnya, ia dapat memahami rasa bangga para orang tua terhadap pencapaian anak mereka yang hari ini terpilih sebagai anak-anak terbaik di Provinsi Riau dalam Program DCR 2016.
Sementara itu pada prosesi penyerahan hadiah, Executive Director CPI, Jeff Lehrmann menghimbau para peserta, untuk tidak cepat merasa puas dan terus berusaha mewujudkan impian mereka dan jadikan dunia sebagai tempat yang lebih baik di masa yang akan datang.

Beasiswa pendidikan yang diberikan Chevron tidak hanya Indonesia tetapi juga dunia, karena kami komit. Sejak tahun sejak 2001 DCR sudah mampu menelurkan 700 alumni universitas dari 1.000 orang penerima beasiswa.
"Ini kemitraan yang bagus dan sudah dibangun 16 tahun, semoga ini lebih mempererat hubungan sebagai perusahaan," katanya.

Berdasarkan seleksi final tingkat provinsi yang telah berlangsung kemarin, 22 Maret 2016, panitia menetapkan ranking satu, dua dan tiga Darmasiswa Chevron Riau 2016. Juara 1 diraih oleh Yesica Olivia asal SMAN 1 Dumai. Juara II diraih oleh M. Fathir Uroerayana dari SMA Negeri 8 Pekanbaru. Juara II juga diraih Annita dari SMA Dharma Loka Pekanbaru.

Juara III diraih oleh Fransisca Natalia Avianti dari SMAN 1 Seberida Kabupaten Indragiri Hulu. Juara III juga diraih Sabadrian Banderas dari SMKN 1 Tembilahan Kabupaten Indragiri Hilir dan juara III juga diraih oleh Aminah Citrasari dari SMA Negeri Plus Provinsi Riau Pekanbaru. Program DCR merupakan komitmen kemitraan CPI dengan pemerintah untuk meningkatkan kualitas SDM di Provinsi Riau dan mencerdaskan kehidupan bangsa. Sejak tahun 2001 hingga saat ini, DCR telah berlangsung selama 16 tahun dan telah memberikan dampak positif terhadap masyarakat di Provinsi Riau: 700 dari 1000 alumni DCR telah bekerja di perusahaan Nasional dan Multi Nasional, bahkan ada yang kembali untuk mengabdikan dirinya pada Provinsi Riau.

Empat siswa pelalawan Juara

Sebanyak Empat siswa SMA dan SMK Kabupaten Pelalawan, Rabu (23/3) pagi bertempat di Kantor Chevron Pekanbaru menerima darmasiswa berupa uang tunai Rp8,5 juta pertahun, ditambah uang beasiswa wisuda sebesar Rp1 juta.
Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pendidikan H. Syafryddin MM, melalui Kabid Kurikulum Salbiah SPd, kepada wartawan, Rabu 23 Maret 2016.

Menurutnya, pihak Dinas Pendidikan (Disdik) Pelalawan Sebelumnya telah melakukan seleksi penerima darmasiswa Chevron pada 14 Maret lalu di SMA Mutiara Rukan PT.RAPP. Yang diikuti 30 siswa. Sehingga terpilihnya 4 siswa dengan raking nilai seleksi terbaik sebagai calon penerima beasiswa Chevron.

Adapun siswa penerima Darmasiswa Chevron tersebut yakni Maria Lucia Dwigama Purba dari SMA Plus Taruna Andalan, Noersukma Dwi Gusti dari SMAN 1 Pangkalan Kuras, Tarmizi dari SMAN 1 Bunut dan Rexy Guruh Saputra dari SMKN 1 Ukui.


Dikatakan Salbiah, 4 siswa asal Pelalawan ini menerima beasiswa bersama 59 siswa lainnya se Provinsi Riau. "Dalam menyeleksi Kita sudah lakukan secara selektif. Siswa rekomendasi tentunya yang lulus seleksi dan para juara umum. Kita berharap darmasiswa Chevron ini bisa Lebih memcu semangt Anak didik dalam berprestasi disekolahnya," tutup Salbiah. (mbo)