Erick Thohir akan membangun BUMN Day

Selasa, 18 Januari 2022

JAKARTA - Menteri BUMN Erick Thohir berencana membentuk BUMN Day untuk startup di Indonesia. Lembaga baru ini akan menjadi ekosistem bagi perusahaan pelat merah yang berkolaborasi dengan perusahaan rintisan Tanah Air. 

Sayangnya, Erick belum merinci lebih jauh bentuk BUMN Day yang tengah digodok saat ini. Baca Juga: Erick Thohir Ajak Milenial Buat Game Sendiri "Ini yang kita harapkan, kenapa nanti sekitar enam bulan lagi kita rencanakan juga ada yang namanya BUMN day untuk startup. 

Jadi kita coba bagaimana ekosistem yang ada di BUMN ini atau di dalam BUMN-nya juga harus bekerja sama dengan para startup dan anak-anak muda yang kita harapkan," ujar Erick dikutip, Selasa (18/1/2022). 

Menurutnya, BUMN Day berbeda dengan Merah Putih Fund yang sudah diluncurkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada akhir 2021 lalu.

"Ini terlepas dari Merah Putih Fund. Beda lagi, kalau Merah Putih Fund itu sudah jelas di mana kita melakukan investasi kepada startup yang pendirinya orang Indonesia, beroperasi di Indonesia, dan startup ini juga harus berkomitmen membesarkan dengan melakukan go public di Indonesia," ungkapnya. 

Dalam beberapa kesempatan, Erick kerap mengutarakan keinginan besarnya untuk membangun ekosistem bagi startup di Indonesia. Dia mencatat, keberadaan ekosistem itu menjadi bukti hadirnya pemerintah. 

"Pemerintah hadir. Saya memastikan, BUMN akan membangun ekosistem untuk pelaku startup," tutur dia. 

Dirinya menjelaskan, bukti pemerintah hadir untuk pembangunan ekosistem bagi para pelaku startup di Indonesia tersebut, salah satunya adalah dengan meluncurkan program Merah Putih Fund yang merupakan inisiasi dari Kementerian BUMN.