Stres Tak Kunjung Dipindahkan ke Negara Ketiga, Syahidd Nader Pilih Mengakhiri Hidupnya

Senin, 17 Januari 2022

Foto : Ilustrasi

PEKANBARU, Riautribune.com - Pengungsi asal Afganistan, Syahidd Nader Balkhi (41) ditemukan tewas gantung diri di dalam kamarnya di Wisma Indah Sari Jalan Putri Indah, Kelurahan Simpang Tiga, Kecamatan Bukit Raya, Pekanbaru, Minggu, 16 Januari 2022 sekitar pukul 20.40 WIB. 

Berdasarkan keterangan rekan korban sesama imigran yang tidak ingin namanya disebutkan,  Syahid diduga stress karena tidak ada kejelasan hidup di Pekanbaru. 
 


"Korban diketahui mengalami stres dengan alasan tidak adanya kejelasan dari UNHCR untuk memfasilitasi warga imigran dipindahkan ke pihak negara ke 3," kata rekan korban yang merupakan sesama warga imigran.

Sebelumnya, rekan korban yang bernama Surya, sempat melihat korban sedang mencuci motor sekitar pukul 19.00 WIB. 

"Kalau tidak salah, sekitar jam 7 malam, dia (korban) masih membersihkan sepedamotor," jawab Surya.


Namun sekira pukul 20.40 WIB, korban sudah ditemukan gantung diri dalam kamarnya dan diketahui oleh istrinya Nasibah Musawi (38).
 
Korban meninggalkan 5 orang anak bernama Sayid Ali Algha Balkhi, Zahra Balkhi, Yalda Balkhi, Muhasida Balkhi dan Fatimah Balkhi. 

Kasatreskrim Polresta Pekanbaru, Kompol Andrie Setiawan mengatakan kejadian tersebut diketahui setelah istri korban Nasibah Musawi (38), berteriak melihat suaminya tengah tergantung di dalam kamar dengan leher terikat. 

"Kejadian ini diketahui istri korban dan si istrinya berteriak. Mendengar teriakan istri, warga imigran lain menghampiri dan melihat korban tengah tergantung dalam kamarnya dekat dinding kamar mandi," ujar Andrie.

Korban ditolong para rekannya, diturunkan dengan cara memotong tali yang dipakai untuk mengakhiri hidupnya.

Saat diperiksa korban masih ada denyut nadi namun lemah dan dicoba pertolongan pertama dengan menekan-nekan dada korban. 

"Setelah itu, korban langsung dibawa ke RS Awal Bross Sudirman, namun sesampainya di RS nyawa korban sudah tidak tertolong," jelas Andrie. (Reynold)