Ibu Rumah Tangga di Tenayan Raya Panjat Menara SUTET, Dibujuk Dengan Satu Kata Ini

Senin, 17 Januari 2022

Ibu rumah tangga di Tenayan Raya, Pekanbaru saat ditolong tim Basarnas dan Damkar usai panjat menara SUTET. (Foto: Rey)

PEKANBARU, Riautribune.com - Warga Tenayan Raya dihebohkan dengan aksi seorang ibu rumah tangga (IRT) bernama Yulidar (45) yang memanjat menara Sambungan Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) pada Senin pagi (17/01/22).

Menurut keterangan salah satu warga di lokasi kejadian, Azwar, mengatakan bahwa Yulidar sudah beberapa kali melakukan aksi tersebut dan pagi ini adalah aksinya yang ke tiga kali.

"Sudah sering, ini saja yang ketiga kalinya," jawab Azwar singkat.

Aksi yang dilakukan oleh Yulidar tersebut menjadi perhatian warga yang datang dan berusaha membujuk Yulidar agar turun.

Kapolsek Tenayan Raya, Kompol Manapar Situmeang SIK MH mendatangi lokasi kejadian dan memimpin evakuasi Yulidar yang dilakukan oleh pihak Damkar dan BASARNAS. 

Dengan bujukan dan trik kata-kata "Sayang" seperti yang diinginkan oleh Yulidar, akhirnya berhasil membuatnya turun dari menara SUTET tersebut.

Manapar menduga bahwa Yulidar mengalami stres berat sehingga melakukan aksi nekat dengan memanjat menara SUTET. "Mungkin ibu ini mengalami stres berat, makanya jadi nekat seperti ini," ucap Manapar.

Ia mengimbau kepada keluarga dan warga untuk turut berpartisipasi mengawasi Yulidar agar tidak mengulanginya. "Dimohon kepada keluarga dan warga, bersama-sama mengawasi bu Yulidar agar tidak mengulangi kejadian seperti ini," harap Manapar

Manapar juga berpesan kepada warga agar Yulidar dibawa untuk diperiksa dan diobati. Ia juga mengajak warga agar Yulidar dirangkul dan dan tidak dijauhi agar penyakitnya dapat sembuh seperti sediakala.

"Kepada keluarga, kita minta untuk membawa ibu ini diperiksa dan diberi obat. Untuk warga juga, kita mohon agar selalu mendukung ibu ini untuk cepat sembuh, jangan dijauhi ya," tutup Manapar.

Dilain pihak, Rahmad Handayani selaku tokoh muda Kecamatan Kulim meminta kepada pihak managemen SUTET dan PLN agar segera membuat pengaman di sekitarnya

"Sebaiknya dipasang pengaman, inikan di pemukiman warga jangan di biarkan terbuka tanpa ada pengamanan sama sekali," ucap Rahmad.

Untuk itu, ia meminta secepatnya pihak terkait memasang pembatas seperti pemasangan kawat berduri atau tembok. "Pakai kawat berduri atau ditembok atau apalah, yang penting aman. Semoga tidak ada lagi kejadian seperti ini," tutup Rahmad. (Rey)