BMKG: Waspada Aktivitas yang Menimbulkan Api di Wilayah Rawan Karhutla

Sabtu, 15 Januari 2022

Ilustrasi: net

PEKANBARU, Riautribune.com - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru memprediksikan cuaca di Riau pada umumnya, cerah, cerah berawan dan berawan.

Berdasarkan data dari yang diterima dari BMKG, Riau hari ini sama seperti hari sebelumnya, yakni tidak ada potensi hujan.

Untuk prakiraan cuaca di Riau di pagi hari yakni cerah berawan - berawan. "Siang sampai sore hari, cuaca di Riau cerah - berawan," kata Prakirawan BMKG Stasiun Pekanbaru Sanya G, Sabtu, 15 Januari 2022.

Sedangkan untuk malam sampai dini hari nanti, kata Sanya lagi, cuaca di Riau juga cerah berawan - berawan.

Selain itu, BMKG juga mengeluarkan peringatan dini untuk waspada terhadap aktivitas yang dapat menimbulkan api di wilayah yang rawan menimbulkan kebakaran hutan dan lahan.

"Karena indeks tingkat kemudahan kebakaran hutan dan lahan di wilayah Provinsi Riau berada dalam kategori sangat mudah terbakar," ucapnya lagi.

Kemudian suhu udara di Riau yakni 23 – 33 derajat celcius, Kelembapan udara 50 – 97 persen dan kecepatan angin selatan - barat/10 – 36 km/jam.

"Sedangkan untuk prakiraan tinggi gelombang di perairan Provinsi Riau berkisar antara 0.50 – 1.25 m (rendah). Waspada potensi gelombang laut yang dapat mencapai ketinggian 2,5 meter di wilayah Perairan Bintan, dan dapat mencapai ketinggian 2,0 meter di wilayah Perairan Lingga dan Perairan Utara Bangka," tutupnya. (MIQ)