Kapolda Riau Optimis Siak Bisa Jadi Lokomotif Percepatan Vaksin

Sabtu, 15 Januari 2022

Kapolda Riau Irjen pol Muhammad Iqbal saat meninjau pelaksanaan Vaksinasi anak di di SDS YPPI Kelurahan Perawang, kecamatan Tualang, Kabupaten Siak, Riau. Jum'at 14 Januari 2022.

SIAK, Riautribune.com - Kapolda Riau Irjen Pol Muhammad Iqbal melakukan kunjungan kerja meninjau pelaksanaan vaksinasi untuk anak-anak usia 6-12 tahun di Kecamatan Tualang, Kabupaten Siak, Riau.

Turut serta mendampingi Irjen Iqbal siang itu, Karo OPS Polda Riau KBP Kasiro Manggolo dan Kabid Dokes Polda Riau KBO dr Priyo Kuncoro. 

Kedatangan Kapolda Riau di Kecamatan berjuluk Kota Industri Perawang itu disambut langsung oleh Bupati Siak Drs H Alfedri M,Si, Kapolres Siak AKBP Gunar Rahadiyanto, SIK MH, beserta PJU Polres Siak, Dandim 0322 /Siak Letkol Infanteri Muhammad Faisal Efendi S.IP beserta jajaran, Forkopimda Siak, Kapolsek Tualang AKP Alvin Agung Wibawa SIK, Upika Tualang, Tokoh Masyarakat Kecamatan Tualang serta Pimpinan manajemen PT IKPP Perawang Mill Hasanudin The.

Setibanya di Perawang, Kapolda Riau beserta Rombongan melakukan Salat Jum'at bersama di mesjid yang berada di Mess milik PT IKPP. Usai melaksanakan Salat rombongan langsung meninjau pelaksanaan vaksinasi sekaligus melakukan Vidcon bersama Kapolri dan Kapolda seluruh provinsi di Indonesia di SD YPPI Kecamatan Perawang

Bupati Siak Alfedri menyampaikan Ucapan terimakasih serta apresiasi kepada pihak Kepolisian Republik Indonesia khususnya di Provinsi Riau dan Kabupaten Siak dalam berkomitmen melaksanakan vaksinasi untuk anak-anak usia 6-12 tahun, demi terwujudnya Herd immunity bagi masyarakat agar terhindar dari penyebaran Covid 19.

"Kami Pemerintah Kabupaten Siak mengucapkan terimakasih sebesar-besarnya kepada Kepolisian serta apresiasi atas dilaksanakannya vaksinasi untuk anak usia 6-12 tahun, tentunya kita berharap terbentuknya herd imunity tercapai setelah anak-anak di vaksinasi," ungkap Alfedri.

Sementara itu Kapolda Riau Irjen Pol Muhammad Iqbal, S.I.K., M.M menyampaikan, penyelenggaraan vaksinasi untuk anak dan pelajar usia 6 hingga 12 tahun di Kabupaten Siak untuk hari ini di SD YPPI Kecamatan Tualang dan kedepannya akan dilaksanakan di Kecamatan-Kecamatan lain yang ada di Kabupaten Siak secara serentak.

"Alhamdulillah, hari ini sama-sama kita lihat antusias anak-anak mengikuti vaksinasi ini cukup tinggi. Ini merupakan peran dan komitmen kita bersama dalam memerangi Covid 19 ini. Jika antusias masyarakat seperti ini kedepannya, saya pribadi yakin hanya dengan 10 hari saja, semua sasaran pasti akan terpenuhi, tentunya ini luar biasa, Kabupaten Siak bisa Jadi Lokomotif dalam percepatan vaksinasi di Riau," jelas Perwira tinggi Polri Lulusan Akpol 1991 itu kepada awak media di sela-sela peninjau vaksinasi anak di Kecamatan Tualang, Siak, Riau.

Orang Nomor 1 di wilayah Hukum Polda Riau itu juga menyampaikan terkait penyebaran virus varian baru yaitu omicron, pihaknya mengajak seluruh elemen masyarakat untuk saling menjaga kebersihan setiap wilayah tempat tinggal masing-masing dan memantau setiap orang yang keluar masuk di pemukiman warga.

"Penyebaran Omicron ini berasal dari luar, tentunya setiap akses baik itu darat dan air semuanya kita jaga ketat. Kita pun berharap peran seluruh elemen masyarakat dan juga pemerintah berperan aktif memantau warga yang bepergian ke luar negeri. Jika terdapat warga yang mencurigakan segera laporkan ke satgas Covid agar segera dilakukan isolasi, baik itu mandiri maupun isolasi yang disediakan pemerintah," terang Mantan Kapolda Nusa Tenggara Barat itu.

Kadiv Humas Polri tahun 2018-2020 itu juga mengatakan, agar tidak terjadinya vaksin yang kadaluarsa, pihaknya sudah meminta kepada pemerintah provinsi Riau agar segera membentuk satgas vaksin.

"Kita sudah meminta kepada pak Gubernur melalui Plt Kadiskes Riau, agar segera membentuk satgas vaksin. Ini bertujuan untuk mendata berapa jumlah sasaran vaksin dan berapa jumlah ketersedian vaksin, sehingga tidak ada lagi kekurangan stok vaksin dan juga tidak ada lagi vaksin yang kadaluarsa. Intinya kita semua harus optimis, Riau bisa bebas dari penyebaran Covid 19," tutupnya.

Diketahui, sasaran vaksin pada saat kunjungan Kapolda Riau ke kabupaten Siak hari ini ditargetkan sebanyak 1500 namun tampak dilokasi pelaksanaan vaksin lebih dari 2000 anak usia 6 hingga 11 tahun mengikuti vaksinasi di Kecamatan Tualang, Kabupaten Siak,Riau.

Total jumlah vaksin yang disediakan oleh Urdokes Polres Siak tercatat sebanyak 3000 dosis. kegiatan Vaksinasi anak ini akan terus digelar di setiap kecamatan guna mendorong percepatan vaksinasi dengan tujuan terwujudnya Herd immunity bagi masyarakat. (Rizal Iqbal)