Sawit di Riau Naik, Penyebabnya Karena Harga CPO di Malaysia Bergerak Positif

Selasa, 04 Januari 2022

Kabid Pengolahan dan Pemasaran Disbun Riau, Defris Hatmaja

PEKANBARU, Riautribune.com - Kepala Bidang Pengolahan dan Pemasaran Dinas Perkebunan (Disbun) Riau, Defris Hatmaja menyebutkan, ada beberapa hal yang menyebabkan naiknya harga sawit Provinsi Riau untuk periode 5 - 11 Desember 2021.

Defris menyebutkan, penurunan harga TBS ini disebabkan oleh faktor internal dan faktor eksternal. Dari segi Faktor internal, turunnya harga TBS periode ini disebabkan oleh terjadinya kenaikkan dan penurunan harga jual CPO dan harga kernel dari beberapa perusahaan yang menjadi sumber data.
   
Dari segi faktor internal, kata Defris, naiknya harga TBS periode ini disebabkan oleh terjadinya kenaikkan harga jual CPO dan harga kernel dari beberapa perusahaan yang menjadi sumber data.

"Untuk harga jual CPO, Asian Agri Group mengalami kenaikkan harga sebesar Rp 94,36/Kg PT. Citra Riau Sarana mengalami kenaikkan harga sebesar Rp 289,40/Kg dari harga minggu lalu. Sedangkan untuk harga jual Kernel, Asian Agri Group mengalami kenaikkan harga sebesar Rp. 20,00/Kg ,PT. Citra Riau Sarana mengalami kenaikkan harga sebesar Rp. 77,82/Kg dari harga minggu lalu," kata dia, Selasa, 4 Januari 2022.

Sementara dari faktor eksternal, kata dia lagi, harga minyak sawit mentah (Crude Palm Oil/CPO) bergerak naik pada perdagangan pagi jelang siang hari ini. Harga CPO di Bursa Malaysia tercatat MYR 4.730/ton.

"Naik 0,72% dibandingkan posisi penutupan perdagangan akhir pekan lalu. Sepanjang 2021, harga CPO melesat 30,47%. Ini adalah kenaikan tahunan terbesar sejak 2019, sebelum pandemi virus Covid-19," kata dia lagi.

Sementara itu, Analis Komoditas Reuters, memperkirakan harga CPO tidak akan banyak bergerak dalam waktu dekat. Jika harga CPO berhasil menembus ke atas MYR 4.751/ton, maka ada peluang naik lagi menuju MYR 4.812/ton. 

"Namun kalau harga CPO malah turun ke bawah MYR 4.676/ton, maka ada risiko jatuh ke rentang MYR 4.591-4.625/ton," tutupnya.