Dipenghujung 2021, PT IKPP Adakan Pelatihan Puan Merajut Bagi Kaum Hawa di Kecamatan Tualang

Jumat, 31 Desember 2021

Dipenghujung tahun 2021, PT Indah Kiat Pulp and Paper (IKPP) Perawang Mill mengadakan pelatihan merajut bagi ibu rumah tangga. (Foto: Rizal Iqbal)

SIAK, Riautribune.com - Dipenghujung tahun 2021, PT Indah Kiat Pulp and Paper (IKPP) Perawang Mill, melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) mengadakan pelatihan merajut bagi ibu rumah tangga yang ada di Kecamatan Tualang, Kabupaten Siak, Riau, Jumat 31 Desember 2021.

Pelatihan yang digelar di rumah pintar Abdul Wahid milik PT IKPP itu, dihadiri sebayak 22 orang peserta yang berasal dari kelurahan dan beberapa desa yang ada di Kecamatan Tualang.

Pimpinan PT IKPP Perawang Mill, Hasanuddin The Melalui Manajer Public Affairs CSR PT IKPP mengatakan, pelatihan yang ditaja koorporasi kertas terbesar di Asia Tenggara itu bertujuan untuk membantu kaum ibu rumah tangga mendapatkan keterampilan dimasa Pandemi Covid 19 ini. 

Selain itu, melalui CSR nya, PT IKPP berkomitmen membantu project pengembangan usaha mikro masyarakat seiring dengan program pemerintah daerah yang sedang menggalakkan bidang UMKM.

"Dengan pelatihan keterampilan ini, kita harap ibu-ibu peserta ini dapat menambah ilmu serta dapat juga dijadikan salah satu penghasilannya bagi keluarga masing-masing ditengah Pandemi Covid 19 ini,"  ungkap Murseno.

Murseno juga menyampaikan, hasil rajutan yang diproduksi oleh kelompok group puan merajut ini hasilnya sudah sangat luar biasa. Bahkan sudah dipasarkan di sebuah pameran UMPM di Kota Pekanbaru.

Waktu ada pameran di Mall SKA Pekanbaru hasil rajutan kelompok pengrajin ini sudah dipasarkan, bahkan karya kelompok ini sudah sampai ke Jakarta. Maka dari itu kali ini peserta pelatihan kita tambah lagi, agar peluang untuk masyarakat menambah penghasilan dapat terbuka di tengah Pandemi Covid 19 ini," terangnya.

Salah seorang warga Kelurahan Perawang yang mengikuti giat puan merajut pagi itu mengatakan, pelatihan ini sangat bermanfaat bagi ibu-ibu rumah tangga.

Menurutnya, dalam pelatihan ini kami dapat menyalurkan inspirasi yang akan kita kembangkan dari kebutuhan yang kita perlukan, terutama mendisain kebutuhan rumah tangga. "Apalagi kita dapat belajar secara cuma-cuma dari program CSR PT IKPP ini," jelasnya.

"Saya mewakili perwakilan peserta puan merajut mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada pihak CSR PT.IKPP yang dipimpin bapak Murseno, serta panita dan seluruh  pihak yang mendukung terlaksananya kegiatan ini," pungkasnya.

Terpisah, ketua serta mentor puan merajut Kecamatan Tualang, Nely mengucapkan terima kasih atas kegiatan merajut yang di taja CSR PT IKPP.

Kegiatan ini merupakan salah satu hal positif bagi kaum ibu, selain dapat menambah penghasilan, program ini juga dapat menjalin silaturahmi.

"Untuk kedepannya, kami berharap CSR IKPP terus mengadakan pelatihan serupa dan mensuport serta membantu memasarkan hasil kerajinan rumah tangga ini," kata dia.

"Bagi peserta yang ikut pelatihan pada hari ini, kedepan harus sudah bisa menjadi mentor bagi warga yang lain," pungkasnya. (Rizal Iqbal)