Awal Tahun Baru, Waspada Cuaca Ekstrem Beberapa Daerah di Riau Pada Sore, Malam dan Dini Hari

Sabtu, 01 Januari 2022

Ilustrasi: net

PEKANBARU, Riautribune.com - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru memprediksikan cuaca di Riau pada umumnya cerah, cerah berawan dan berawan.

Berdasarkan data yang diterima dari BMKG, prakiraan cuaca di Riau untuk pagi hari yakni cerah berawan – berawan. Potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Rokan Hilir, Kampar, Bengkalis, Siak, Pelalawan, Indragiri Hilir, Kuantan Singingi dan Sebagian Kota Pekanbaru.  

"Sedangkan siang hari cuaca di Riau cerah – cerah berawan. Potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi tidak merata di sebagian wilayah Kabupaten Siak, Bengkalis, Kampar, Indragiri Hilir, Indragiri Hulu dan Sebagian Kota Pekanbaru.

Kemudian pada sore - malam hari, lanjutnya, cerah berawan – berawan. Potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi di sebagian besar wilayah Provinsi Riau.

"Untuk dini hari juga cerah berawan – berawan. Potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Kepulauan Meranti, Siak, Pelalawan dan Indragiri HIlir.

BMKG juga mengeluarkan peringatan dini agar waspada hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang berpotensi terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Indragiri Hilir, Pelalawan, Siak, Kota Pekanbaru, Kampar dan Kuantan Singingi terutama pada sore, malam – dini hari.

Kemudian suhu udara di Riau yakni 23 – 33 derajat celcius, Kelembapan udara 60 – 98 persen dan kecepatan angin selatan - barat/05 – 36 km/jam.

"Sedangkan untuk prakiraan tinggi gelombang di perairan Provinsi Riau berkisar antara 0.50 – 1.25 m (rendah). Waspada gelombang laut yang dapat mencapai ketinggian 2,0 meter di wilayah Perairan Bintan," tutupnya. (MIQ)