11 Pemain Hebat Bayern yang Dibeli dengan Harga Murah

Jumat, 11 Maret 2016

Elber salah satu pemain hebat yang pernah merumput bareng Bayern.(internet)

BAYERN Munich dikenal sebagai klub glamor sejak era 1980-an. Banyak pemain berlabel bintang membela Die Roten –julukan Bayern, sebut saja Franz Beckenbauer, Gerd Muller dan kini Arjen Robben. Tak heran, banyaknya pemain bintang yang berada di Bayern membuat mereka pernah dijuluki FC Hollywood.

Namun, tak semua pemain bintang yang didatangkan Bayern dibeli dengan harga mahal. Ada beberapa pemain yang digaet dengan harga di bawah lima juta pounds atau sekira Rp92 miliar, namun memberikan kontribusi luar biasa bagi tim. Harga tersebut bila dirupiahkan memang terkesan sangat mahal, namun bila dibandingkan dengan harga pasaran pemain top di Eropa sana, maka akan masuk kategori sangat ekonomis.

Berikut ini 11 Pemain Hebat Bayern yang Dibeli dengan Harga Murah:

11. Oliver Kahn (Rp32 miliar)
Didatangkan Bayern dari Karsluher SC dengan mahar 1,73 juta pounds atau saat ini sekira Rp32 miliar. Meski didatangkan dengan harga murah, Kahn sudah 630 kali merumput bareng Bayern dan mencatatkan 247 clean sheets. Selain itu, ia juga mampu memberikan delapan trofi Bundesliga dan satu gelar Liga Champions.

10. Rafinha (Rp76 miliar)
Didatangkan dari Genoa pada musim panas 2011 dengan mahar 4,13 juta pounds atau sekira Rp76 miliar. Saat ini pemain berpaspor Brasil itu menjadi andalan Bayern di sisi kanan pertahanan dan telah turun di 108 pertandingan. Sejauh ini Rafinha memberikan tiga trofi Bundesliga dan satu gelar Liga Champions bagi Die Bavaria.

9. Dante Bonfim (Rp65 miliar)
Didatangkan dari Borussia Moenchengladbach pada musim panas 2012 dengan mahar 3,53 juta pounds atau sekira Rp65 miliar dan sempat menjadi andalan lini belakang Bayern hingga 2015. Selama tiga tahun membela Bayern, pemain berpaspor Brasil memberikan tiga gelar Bundesliga dan satu trofi Liga Champions.

8. Lothar Matthaeus (Rp27 miliar)
Didatangkan Bayern dari Inter Milan pada musim panas 1992 dengan hanya 1,5 juta pounds atau sekira Rp27 miliar. Kedatangannya saat itu bukan lah yang pertama. Sebelumnya pada 1984 hingga 1988, Mattheus juga pernah membela panji Nerazzurri –julukan Inter. Di periode kedua membela Bayern, ia memberikan empat trofi Bundesliga.

7. Bixente Lizarazu (Rp62 miliar)
Digaet Bayern dari Athletic Bilbao pada musim panas 1997 dengan mahar 3,38 juta pounds atau sekira Rp62 miliar. Meski digaet dengan harga murah, pemain yang biasa aktif sebagai fullback kiri itu dapat bermain apik dan memberikan empat trofi Bundesliga dan satu gelar Liga Champions.

6. Sebastian Rode (Bebas Transfer)
Rode didatangkan Bayern dari Eintracht Frankfurt dengan status bebas transfer pada musim panas 2014. Di musim pertamanya membela Bayern, Rode turun di 35 laga dan memberikan satu trofi Bundesliga bagi Die Bavaria.

5. Mark Van Bommel (Rp85 miliar)
Sukses di Barcelona membuat Van Bommel digaet Bayern pada musim panas 2006 dengan mahar 4,5 juta pounds atau sekira Rp85 miliar. Selama lima musim membela Die Roten, Van Bommel memberikan dua trofi Bundesliga.

4. Michael Ballack (Rp85 miliar)
Keberhasilan membawa Bayer Leverkusen dan Timnas Jerman terbang tinggi pada 2002 membuatnya digaet Bayern. Tak disangka, meski berstatus pemain bintang saat itu, Bayern hanya merogoh kocek 4,5 juta pounds atau sekira Rp85 miliar. Selama empat musim membela Bayern, Ballack yang memutuskan gantung sepatu pada 2012 memberikan tiga trofi Bundesliga bagi Raksasa Jerman tersebut.

3. Mehmet Scholl (Rp34 miliar)
Didatangkan dari Karsluher SC pada musim panas 1992 dengan mahar 1,88 juta pounds atau sekira Rp34 miliar. Selama 15 tahun membela Die Roten, Scholl tampil di 468 pertandingan dan memberikan delapan trofi Bundesliga dan satu gelar Liga Champions.

 2. Robert Lewandowski (Bebas Transfer)
Bayern sangat berruntung mendapatkan penyerang sekelas Lewandowski dari Dortmund dengan status bebas transfer pada musim panas 2014. Pada musim pertamanya, Lewy –sapaan akrab Lewandowski– mengemas 25 gol dari 49 pertandingan dan menyumbangkan satu trofi Bundesliga.

1. Giovani Elber (Rp90 miliar)
Elber digaet Bayern dari VfB Stuttgart dengan mahar 4,88 juta pounds atau sekira Rp90 miliar. Selama enam musim membela Bayern, ia mencetak 92 gol dari 169 pertandingan. Selama itu juga mantan personel Timnas Brasil tersebut mengemas empat trofi Bundesliga dan satu gelar Liga Champions.(okz/rt)