CSR PT Pindo Deli Taja Pelatihan Perdana Kewirausahaan Budidaya Beternak Ulat Jerman

Kamis, 23 Desember 2021

PT Pindo Deli Perawang Mill menggelar pelatihan perdana kewirausahaan Budidaya Ternak Ulat Jerman. (Foto: Rizal Iqbal)

SIAK, Riautribune.com - Corporate Social Responsibility (CSR) PT Pindo Deli Perawang Mill, memberikan peluang usaha kepada masyarakat dengan menggelar pelatihan perdana kewirausahaan Budidaya Ternak Ulat Jerman.

Pelatihan itu dilakukan di rumah pintar Abdul Wahid Kelurahan Perawang, Kecamatan Tualang, Kabupaten Siak, Riau Kamis 23 Desember 2021. Kegiatan ini merupakan upaya perusahaan dalam memberdayakan masyarakat sekitar perusahaan dengan memanfaatkan program CSR nya. 

Dalam kegiatan pelatihan kewirausahaan kali ini, CSR PT Pindo Deli bekerja sama dengan peternak ulat Jerman yang berdomisili di kota Pekanbaru.

Peternak itu bernama Jefri dan Annas yang sudah 8 tahun menggeluti usaha ternak budidaya ulat Jerman untuk wilayah Kota Pekanbaru. Bahkan hasil ternaknya pun sudah merambah ekspor ke luar negeri.

Pimpinan perusahaan PT Pindo Deli Perawang Hasanuddin The di dampingi Menager Public Affairs CSR Murseno SAP, menyampaikan pelatihan yang ditaja CSR PT Pindo Deli Perawang Mill ini merupakan kegiatan perdana untuk memberdayakan masyarakat yang ingin beternak ulat Jerman. 

"Dimasa Pandemi seperti ini, peluang usaha seperti ini yang harus dipelajari masyarakat untuk menambah penghasilan, tentunya program CSR ini nantinya diharapkan dapat bermanfaat bagi para peserta," ungkapnya.

Senior direktur PT Pindo Deli Perawang Mill itu pun berpesan kepada para peserta yang mengikuti pelatihan agar dapat mengikuti setiap tahapan materi hingga praktek lapangan, agar ilmu yang didapat bisa langsung digunakan setelah pelatihan ini.

"Kuncinya fokus dan serius. Kita harap pelatihan ini dapat melahirkan para peternak sukses kedepannya," harapnya.

Dalam kesempatan itu, penghulu Kampung Pinang Sebatang Timur Hari Suparjan menyampaikan ungkapan terimakasih kepada CSR PT Pindo Deli yang telah memfasilitasi dan merangkul masyarakat untuk mengikuti pelatihan wirausaha tersebut.

"Alhamdulillah, 20 orang warga kita hari mengikuti pelatihan Kewirausahaan budidaya ternak ulat jerman yang ditaja oleh CSR PT Pindo Deli. Semoga para peserta ini nantinya dapat menjadi peternak sukses, dan juga kedepannya perusahaan tetap dapat memberdayakan masyarakat sekitar dengan pelatihan-pelatihan lainnya," sebutnya.

20 orang peserta pelatihan itu dibimbing langsung oleh peternak sukses asal Pekanbaru. Keduanya telah berhasil menjadi peternak ulat Jerman di kota Pekanbaru. 

Annas, peternak yang telah menggeluti usaha ternak ulat Jerman selama 8 tahun ini mengaku senang dapat memberikan ilmu kepada masyarakat yang telah di fasilitasi oleh PT Pindo Deli. Ia berharap ilmu yang diberikannya ini dapat berguna dan dapat langsung dipraktekkan oleh peserta setelah pelatihan ini selesai.

"Semua peserta kita berikan materi teori dalam ruangan dan praktek di lapangan. Kita menjelaskan dimulai dari tempat, media perkembang biakan hingga pakan ternak. Semuanya kita pelajari selama beternak kita berikan pemahaman kepada para peserta. Semoga peserta dapat memahami dan ilmu yang didapat bisa diaplikasikan di rumahnya masing-masing," terangnya. (Rizal Iqbal)