DLH Rohil Wajibkan Pengunjung Wisata Taman Hutan Kota Pakai Kartu Vaksin

Selasa, 21 Desember 2021

Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Puskesmas Bagansiapiapi dipadati masyarakat. f-amran

BAGANSIAPIAPI - Pengunjung tempat-tempat wisata diprediksi melonjak pada Libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022, atau libur Nataru, walau masih dalam susana pandemi covid-19. 

Tidak terkecuali tempat wisata Taman Hutan Kota di Kecamatan Bangko, Rokan Hilir (Rohil). 

Taman Hutan Kota yang dikelola Dinas Lingkungan  Hidup (DLH) Pemkab Rohil ini juga diprediksi akan ramai dikunjungi wisatawan lokal. 

Kepala Dinas Lungkungan Hidup (DLH) Pemkab Rohil Suwandi, mengatakan ada beberapa kebijakan yang akan diterapkan untuk pengunjung yang akan berwisata di Taman Hutan Kota. DLH Rohil, ujarnya, akan menerapkan wajib menunjukkan kartu vaksin kepada pengunjung. 

"Pengunjung yang akan masuk ke Taman Hutan Kota kita rencanakan wajib menunjukan kartu vaksin. Minimal vaksin pertama," kata Suwandi, Selasa (21/12/2021) melalui telepon whatsapp. 

Bagi masyarakat yang belum vaksin Covid-19, jelas Suwandi, akan diarahkan untuk melaksanakan vaksin difasilitas kesehatan atau tempat pelaksanaan vaksin terdekat, dan setelah divaksin diperbolehkan masuk ke Taman Hutan Kota. 

"Atau akan kita buat tempat pelaksanaan vaksin di sana (Taman Hutan Kota). Hal ini sedang kita bicarakan bersama TNI,  Polri, Tim Medis dan Gugus Tugas," kata Suwandi, Selasa (21/12/2021) melalui telepon. 

Selain akan mewajibkan pengunjung menunjukkan kartu vaksin, sebut Suwandi, jumlah pengunjung yang akan masuk ke objek wisata lokal itu juga akan dibatasi serta diberlakukan pembatasan jam masuk. 

"Jam kunjungan kemungkinan akan dibatasi. Jumlah pengunjung juga dibatasi lima puluh persen dari kapasitas guna menghindari kerumunan, jika padat pengunjung," tambah Suwandi.

Pada Libur Nataru ini,  terang Suwandi, belum ada pungutan untuk masuk ke objek wisata Taman Hutan Kota. Suwandi mengimbau kepada pengunjung objek wisata Taman Hutan Kota agar dapat menjaga kebersihan. mematuhi dan melaksanakan protokol kesehatan. 

"Pengunjung harus pakai masker dan melaksanakan protokol kesehatan meski sudah divaksin. Sementara ini masuk ke Taman Hutan Kota masih kita gratiskan. Hanya parkir kendaraan yang dikenakan biaya parkir, " tandas Suwandi.(amran)