Digaji Rp2 Juta, Pemkab Rohil Terima 300 Personil Baru Satpol PP

Senin, 20 Desember 2021

Sekretaris Satpol PP Linmas Rohil, H Rahmad Afiral. (Foto: Amran)

BAGANSIAPIAPI, Riautribune.com - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Perlindungan Masyarakat (Linmas) Rokan Hilir (Rohil) saat ini tengah melaksanakan seleksi penerimaan calon personil Satpol PP.

Sekretaris Satpol PP Linmas Rohil, H Rahmad Afiral mengatakan Pemkab Rohil menerima 300 personil Satpol PP baru 2021 yang nantinya akan ditempatkan di kecamatan-kecamatan se Rohil. 

"Mereka akan memulai bertugas sebagai honorer Satpol PP Pemkab Rohil terhitung 1 Januari 2022. Adapun gaji honor mereka Rp2 juta tiap bulan, sudah termasuk uang jaga dan lainnya," kata Rahmad Afiral, yang dikonfirmasi Senin (20/12/2021) di Batu Enam.

Penempatan personil Satpol PP baru di kecamatan-kecamatan, sebut Rahmad, berdasarkan populasi dan luas wilayah. Misal, sebut Rahmad, untuk Kecamatan Bagansinembah dengan populasi penduduk lebih banyak akan ditempatkan personil Satpol PP baru yang juga lebih banyak. Begitu juga kecamatan dengan populasi penduduk sedikit maka akan ditempatkan personil sesuai kebutuhan.  

"Sinaboi misalnya ditempatkan lima personil, tapi kalau dirasa kurang mencukupi bisa ditambah jadi enam. Tapi bisa juga disesuaikan dengan luas wilayah dan penduduk, seperti Bagansinebah, mungkin personil yang akan ditempatkan akan lebih banyak pula. Sesuai kondisi masyarakatnya," tuturnya.  

Penempatan personil Satpol PP baru di kecamatan-kecamatan, terang Rahmad, juga untuk pengamanan kegiatan Bupati Afrizal Sintong, Wabup Rohil H Sulaiman, serta para pejabat. Dengan ada personil Satpol PP di kecamatan, tenangnya, Kantor Satpol PP Pemkab Rohil tidak perlu lagi mendrop personil Satpol PP dari kabupaten kekecamatan setiap ada kegiatan. 

"Kalau di kecamatan ada razia penertiban pedagang kaki lima, maka mereka bisa melaksanakan penertiban. Tidak mesti di drop personil dari kabupaten. Penempatan Satpol PP di kecamatan semacam bawah komando operasi (BKO). Pengajian dibiayai anggaran Kantor Satpol PP Linmas, sedangkan komando dibawah kendali camat," tambah Rahmad. 

Rahmad Afiral juga menegaskan penerimaan  300 personil Satpol PP baru ini sudah sesuai mekanisme. "Penerimaan calon personil Satpol PP ini sudah melalui tahapan, dan diumumkan secara terbuka," tandasnya. (Amran)