5 Cara Menghilangkan Ruam Kulit Secara Alami

Ahad, 19 Desember 2021

Riautrubune.com - Ruam kulit adalah perubahan pada kulit berupa kemerahan, luka lepuh, ataupun bintik. Kulit yang mengalami ruam biasanya mengalami gatal-gatal, bersisik, mengelupas, bentol, bahkan iritasi.
Ruam kulit juga bisa terjadi pada siapa saja, baik itu bayi, remaja, maupun dewasa. Namun, menurut berbagai sumber, wanita biasanya lebih rentan terkena ruam kulit dibanding pria.

Selain itu, ruam kulit juga dapat disebabkan dengan sejumlah faktor, seperti reaksi alergi, penyakit, efek obat-obatan, infeksi jamur, bakteri, virus, hingga parasit.

Bahkan, ruam kulit disebut sebagai salah satu gejala COVID-19 yang dialami oleh sejumlah pasien positif virus Corona.

Jika sudah terkena kondisi ini, biasanya dokter akan meresepkan krim, losion, atau antihistamin untuk meredakan peradangannya.

Akan tetapi, selain pergi ke dokter, ada beberapa pengobatan alami yang bisa meredakan ruam kulit, loh. Berikut cara menghilangkan ruam kulit secara alami.

Menghilangkan Ruam Kulit Secara Alami yang Mudah Dilakukan di Rumah

1. Kompres air dingin
Salah satu cara termudah untuk menghilangkan rasa nyeri dan gatal akibat ruam kulit adalah mengompres pakai air dingin atau es batu.

Cara ini biasanya dapat meredakan segera gejala-gejala yang ditimbulkan akibat ruam kulit dan bahkan, bisa menghentikan pembengkakan dan memperlambat perkembangan ruam kulit.

Cara menggunakan kompres air dingin
*Basahi kain dengan air dingin atau bungkus es batu dengan kain
*Letakan kain di area ruam kulit

2.Lidah buaya
Tanaman lidah buaya memang terkenal dengan khasiatnya yang ampuh untuk mengatasi masalah pada kulit, terutama ruam kulit. Bahkan, tanaman ini juga kerap digunakan untuk penyembuhan luka ringan.

Sebagai informasi, tanaman lidah buaya mengandung vitamin B12, kalsium, magnesium, seng, vitamin A, C, dan asam lemak esensial. Selain itu, lidah buaya juga mengandung enzim, karbohidrat, dan sterol yang ampuh untuk memberikan efek anti-inflamasi.

Cara menggunakan lidah buaya
*Mencuci area kulit yang terkena ruam dan diamkan sampai kering
*Oleskan lidah buaya pada area tersebut secara merata

3. Minyak kelapa
Selain bagus untuk merawat rambut, minyak kelapa ternyata juga bisa mengatasi masalah kulit, loh. Minyak kelapa diketahui memiliki kandungan lemak jenuh yang tinggi.

Asam lemak dalam minyak kelapa murni dianggap memiliki sifat antibakteri, antivirus, anti-inflamasi, dan penyembuhan yang baik.

Namun, bagi orang yang memiliki alergi kelapa, ada baiknya untuk menguji terlebih dahulu di daerah kulit yang tidak sensitif, seperti lengan bagian dalam.

Jika dalam waktu 24 jam tidak menimbulkan reaksi apapun, minyak kelapa ini aman digunakan untuk menyembuhkan ruam kulit. Hentikan penggunaan jika terjadi iritasi.

4. Tea tree oil
Tea tree oil atau disebut Melaleuca alternifolia adalah bahan alami yang mampu atasi ruam kulit. Mengutip dari StyleCraze, tea tree oil memiliki kandungan terpinen-4-ol, eucalyptol, cineole, nerolidol, 1,8-cineole, dan viridiflorol.

Kandungan terpinen-4-ol dalam tea tree terbukti sangat ampuh untuk membunuh bakteri, jamur, dan beberapa jenis virus.

Cara menggunakan tea tree oil
*Tea tree oil harus diencerkan terlebih dahulu untuk mencegah dehidrasi pada kulit.
*Campurkan tea tree oil dengan minyak lain, seperti minyak kelapa atau zaitun.
*Gunakan tea tree oil di area ruam kulit setelah mandi.

5. Soda kue
Memang terdengar aneh mengapa bahan makanan seperti soda kue ini mampu untuk mengatasi ruam kulit.

Namun, sebagai informasi, soda kue atau natrium bikarbonat merupakan bahan alami yang digunakan sejak dulu untuk mengatasi kulit gatal akibat gigitan serangga atau ruam, loh.

Susunan kimiawi soda kue ini bertindak sebagai penyangga yang ampuh menjaga larutan dalam keseimbangan asam-alkali yang stabil. Karena alasan ini, soda kue dapat menenangkan kulit dan membuat ph kulit seimbang.

Cara menggunakan soda kue
*Campurkan soda kue dengan air hingga membentuk pasta
*Oleskan ke area yang terkena ruam

Cara lain untuk menyembuhkan ruam kulit

Selain menggunakan cara alami di atas, ada beberapa langkah yang perlu dilakukan untuk mempercepat pemulihan dan meringankan ruam kulit. Dikutip dari MedicalNewsToday, berikut adalah langkahnya.

1. Gunakan sabun mandi yang lembut dan tidak beraroma
2. Hindari menggunakan air panas saat mandi
3. Jangan menutup ruam menggunakan perban
4. Jangan menggosok ruam sampai kering
5. Jika ruam kulit terasa kering, gunakan pelembab tanpa pewangi
6. Jangan gunakan kosmetik atau losion
7. Hindari menggaruk di area ruam kulit
8. Gunakan krim kortison
9. Gunakan krim calamine

Kapan harus pergi ke dokter?
Jika ruam kulit pada tubuh tergolong ringan, mungkin bisa diobati secara alami atau obat gatal biasa. Namun, jika ruam pada kulit terasa semakin parah dan memburuk, ada baiknya segera mengunjungi dokter.

Berikut gejala ruam kulit yang tergolong serius.
1. Nyeri persendian akibat ruam
2. Terdapat garis-garis merah di sekitar ruam kulit
3. Munculnya ruam kulit di seluruh tubuh
4. Adanya nanah pada ruam kulit
5.Perubahan warna kulit
6.Kesulitan bernapas
7.Demam tinggi
8.Pusing
9.Pembengkakan pada wajah
10.Muntah dan mual
11.Diare yang parah