Wabup Muhammad Tinjau Lokasi Perkantoran Bandar Laksamana

Senin, 29 Februari 2016

BUKITBATU-riautribune: Wakil Bupati Bengkalis, Muhammad mengingatkan agar status lahan yang akan dijadikan pusat perkantoran pemerintahan Kecamatan Bandar Laksamana di Desa Tenggayun tidak bermasalah. Hal itu ditegaskan Wabup saat meninjau lokasi lahan yang bakal dijadikan perkantoran pusat pemerintahan Kecamatan Bandar Laksamana.

Dalam peninjauan tersebut, Wabup Muhammad didampingi Plt. Asisten I Setda Bengkalis Umi Kalsum, Kadis Perkebunan dan Kehutanan Herman Mahmud, Kadis Pertanian dan Peternakan Ariyanto, Camat Bukit Batu Fadlul Fajdi, Kabid Sarana dan Prasarana Bappeda Tajul Mudaris.

Wabup Muhammad mengingatkan kepada tim untuk memastikan status lahan yang bakal dijadikan pusat pemerintahan Kecamatan Bandar Laksamana sesuai dengan tata ruang dan tidak ada sengketa dengan masyarakat. Hal ini penting, agar tidak ada muncul tuntutan dari pemilik lahan. "Sebelum dibangun pastikan lahan tidak bermasalah. Karena ada masalah, ke depan akan mengganggu proses pembangunan dan roda pemerintahan di daerah pemekaran ini," ungkapnya.

Lebih lanjut Wabup Muhammad berharap kepada masyarakat ikut berpartisipasi dalam pembangunan Bandar Laksamana. Salah satunya masyarakat atau pemilik lahan bisa menghibahkan lahan yang terkena pembangunan kawasan pusat pemerintahan kecamatan yang baru dimekarkan itu. Mengingat hakekat pemekaran daerah akan memberikan multiplayer efect pada daerah setempat. "Kami harapkan masyarakat merelakan lahannya untuk dihibahkan untuk pembangunan perkantoran, sehingga proses pembangunan dapat segera dilakukan," ungkap Muhammad.

Untuk mengantispiasi perkembangan pembangunan Bandar Laksamana di masa mendatang, Muhammad menyarankan agar pembangunan jalan menuju lokasi perkantoran dibuat dua jalur. Terlebih lagi, kawasan perkantoran tersebut berada tidak jauh dengan kawasan pariwisata pantai Tenggayun, sehingga membutuhkan infrastruktur yang memadai. "Untuk infrastruktur pendukung, dinas terkait harus membuat master plan terpadu. Sebab di kawasan ini, nantinya tidak hanya menjadi pusat pemerintahan, tapi juga menjadi kawasan pariwisata andalan di Kabupaten Bengkalis," tegasnya.

Selain meninjau lokasi lahan perkantoran, dalam kesempatan itu Wabup Muhammad juga menyempatkan diri untuk berziarah ke makam Datuk Laksamana Raja Dilaut. Di tempat itu, Wabup Muhammad bersama rombongan mendoakan tokoh pahlawan itu.(rls/ops)