Bupati Alfedri Targetkan Capaian Vaksinasi Akhir Desember Sudah di Atas 70 Persen

Kamis, 09 Desember 2021

Bupati Siak Drs H Alfedri MSi saat memimpin rapat Koordinasi dengan seluruh penghulu kampung dan para camat dalam upaya percepatan vaksinasi di wilayah Kabupaten Siak. (Foto: Rizal Iqbal)

SIAK, Riautribune.com - Bupati Siak Drs H Alfedri MSi pimpin rapat percepatan pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 bersama para camat, lurah dan penghulu se Kabupaten Siak melalui Virtual, yang berlangsung di Ruang Bandar Siak.

"Rapat yang kita lakukan itu, merupakan tindak lanjut kedua rapat Forkopinda Riau yang berlangsung beberapa waktu lalu, dan rakor Forkopinda Kabupaten Siak yang berlangsung Selasa, (7/12) pagi kemarin, dalam pembahasan capaian percepatan vaksinasi di kabupaten Siak," sebutnya, Kamis, 9 Desember 2021.

Bupati Alfedri menegaskan, capaian vaksinasi di kabupaten Siak Dicanangkan dalam kurun waktu 22 hari ke depan mencapai target 70 persen. Tentu dibutuhkan kerjasama semua pihak para Camat, Lurah, TNI Polri, Dinas kesehatan dan masyarakat, yang diberi amanah untuk di selesaikan bersama-sama. 

"Target capaian vaksinasi kita masih rendah, baru mencapai 47,98 persen atau sekitar 172 ribu jiwa dari total target kita 344 ribu jiwa. Seharusnya target kita Desember ini sudah 70 persen, kita diperintahkan harus menyelesaikan vaksinasi sampai akhir Desember 2021 ini, maksimal harus mencapai 70 persen vaksinasi di masing-masing kabupaten Kota di Provinsi Riau," jelasnya.

Artinya, masih ada waktu 22 hari untuk menyelesaikan 181 ribu atau sekitar 52 persen masyarakat yang belum di vaksin. Dengan pencanangan pekan vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Siak yang telah di mulai di kecamatan Tualang kemarin.

"Sampai dengan hari Senin kemarin capaian vaksinasi di Riau baru 51 persen, makanya Gubernur mengintruksikan kita di setiap kabupaten agar kejar target vaksinasi hingga akhir desember 2021 ini. Secara nasional, program awal untuk Riau awal Desember ini ditargetkan 100 persen. Tentu ini menjadi perhatian kita semua, bagaimana capaian vaksinasi ini sesuai dengan target yang telah ditentukan sebelumnya," paparnya. 

Selain itu, lanjutnya menyampaikan, untuk mengantisipasi gelombang ketiga wabah Covid 19 dan ancaman varian baru B.1.1.529 atau Omicron menjadi salah satu perhatian Dunia.

"Ini merupakan ancaman bagi kita semua, karena varian ini berbahaya dibandikan dengan varian Covid-19 lainnya, yang kabarnya sudah ditemui di Singapura, ini kan dekat dengan kita," sebutnya. 

Dengan ancaman Omicron ini Bupati Alfedri berharap seluruh masyarakat mendapatkan capaian Herd immunity atau kekebalan kelompok, yang dipersentasikan seminimalnya 70 persen dari total jumlah masyarakat di wilayah baik kecamatan dan kabupaten.

"Saya berharap harapan kita agar Pandemi ini segera berkahir dapat segera terwujud. Sehingga kerja keras semua pihak dapat berhasil menciptakan Herd immunity bagi masyarakat kedepannya," harapnya. (Rizal Iqbal)