Wabup Rohil: Penyandang Disabilitas Punya Hak Yang Sama

Selasa, 07 Desember 2021

Wabup Rohil H Sulaiman dan istri, beserta siswa-siswi SLB Bagansiapiapi peraih medali SOIna Tingkat Provinsi Riau 2021. (Foto: Amran)

BAGANSIAPIAPI, Riautribune.com - Wakil Bupati Rokan Hilir (Rohil) H Sulaiman, mewakili Bupati Rohil Afrizal Sintong, membuka secara resmi Special Olympic Indonesia (SOIna) tingkat Kabupaten Rohil, Selasa (07/12/2021) di halaman Kantor BPKAD Pemkab Rohil. 

Ajang olahraga yang diikususkan buat penyandang disablitas itu dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Disabilitas Internasional (HDI), yang diperingati tiap 3 Desember 2021. 

Wabup Rohil H Sulaiman mengatakan merupakan hal penting merubah cara pandang masyarakat terhadap disabilitas. Disabilitas, kata Wabup, tidak lagi dipandang suatu keterbatasan fungsi tetapi sebagai sebuah interaksi antara kecepatan fungsi dan hambatan lingkungannya. Hambatan lingkungan, sebutnya, dapat berupa penerimaan masyarakat, peraturan dan kebijakan pemerintah. 

"Tatanan dunia yang bertujuan untuk menyokong penyandang disabilitas agar dapat berperan dan berpartisipasi aktif dalam pembangunan," kata Wabup Sulaiman, diacara bertema "Kepemimpinan dan Partisipasi Penyandang Disabilitas Tatanan Dunia Yang Inklusif Aksesibel dan Berkelanjutan Pasca Covid-19".

Pemerintah, jelas Wabup Sulaiman, pada saat ini semakin memperhatikan kebutuhan disabilitas untuk mempermudah akses gerak mereka. "Kita ingin secara terus menerus meningkatkan kesetaraan, kesempatan dan kesamaan hak bagi mereka. Sebab itu perlu pelayanan kusus pada mereka, seperti diperbankan dan dipemerintahan," jelas Wabup.

Kegiatan HDI, sebut Wabup, diwarnai dengan acara penampilan unjuk kemampuan dari para penyandang disabilitas, baik melalui seni, lokakarya, maupun ajang lomba antara penyandang disabilitas. Semoga dengan peringatan HDI, ucap Wabup, kita semua mendengarkan hak penyandang disabilitas disemua sisi kehidupan. 

"Penyandang disabilitas memiliki hak dan kewajiban yang sama dengan masyarakat yang memiliki fisik yang sempurna memiliki hak-hak dasar sebagai warga negara. Berhak untuk mendapat perhatian tanpa membedakan suku, agama maupun ras, meski mempunyai fisik yang tidak sempurna," tandas Wabup Suaiman. 

Kegiatan HDI 2021 ini diisi dengan penyerahan mendali dan oenghargaan kepada kepada siswa-siswi SLB Bagansiapiai peraih mendali pada Special Olympic Indonesia (SOIna) Provinsi Riau. Juga disi dengan pertunjukan taran, lagu-lagu serta pameran kerajinan tangan dari anak-anak berkemampuan khusus itu. (Amran)