Sekda: Semoga Tahun Mendatang Tak Ada Bencana Asap Lagi

Jumat, 03 Desember 2021

Sekda HM Job Kurniawan bersama petugas MPA Kecamatan Bangko Pusako pada acara Penguatan Masyarakat Peduli Api Rohil si Gedung Nasional H Misran Rais. (Foto: Amran)

BAGANSIAPIAPI - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Rokan Hilir (Rohil) belum lama ini mengadakan kegiatan Pendampingan Penguatan Masyarakat Peduli Api Kabupaten Rohil, di Gedung Nasional H Misran Rais, Bagansiapiapi.

Pendampingan Penguatan Masyarakat Peduli Api dibuka secara resmi Sekda Rohil HM Job Kurniawan mewakili Bupati Rohil Afrizal Sintong. Sekda Rohil HM Job Kurniawan mengatakan ada penurunan kebakaran hutan dan lahan pada 2021 ini, jika dibandingkan pada lima tahun belakangan. 

"Tahun ini bencana asap menurun. Jadi dibanding lima tahun belakangan bencana asap (akibat kebakaran hutan dan lahan) menurun. Semoga di tahun-tahun mendatang bencana asap tidak terjadi lagi di Rohil," kata Sekda HM Job Kurniawan.

Sekda menyampaikan apresiasi atas terselengaranya kegiatan ini, dan kepada Masyarakat Peduli Api (MPA) dari 18 kecamatan yang ikut serta diacara itu. Alalagi, kata Sekda, para petugas MPA kecamatan itu dalam bekerja memadamkan api karhutla tidak mendapatkan gaji dari pemda.

"Petugas MPA ini tidak bergaji. Mereka Ikhlas melaksanakan kerja, membantu memadamkan api. Tapi meski demikian kami (pemerintah) membantu peralatan," terang Job. 

Sekda HM Job Kurniawan menambahkan hubungan dengan karhutla, disampaikan dan dihimbau kepada masyarakat agar tidak membakar lahan hutan, atau lahan kebun untuk melakukan pembersihan lahan. 

"Kalau ada ditemukan kebakaran hutan atau lahan, masyarakat silahkan menyampaikan kepada RT, RW, Lurah, Penghulu dan atau camat setempat," pungkas 

Acara Pendampingan Penguatan Masyarakat Peduli Api diisi dengan pelatihan teknis pemadaman karhutla oleh Danru I Manggala Agni Daerah Operasi Dumai, Rohil dan Bengkalis (Durolis) Rahmad.

Selain itu tiap Anggota MPA masing-masing kecamatan juga memperoleh pakaian seragam MPA, diantaranya terdiri dari baju, celana, sepatu, topi, dan tas ransel. (Amran)