3 Daerah Berikut Ini Berpotensi Alami Hujan Petir

Jumat, 03 Desember 2021

Ilustrasi: net

PEKANBARU, Riautribune.com - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru memprediksikan cuaca di Riau pada umumnya cerah, cerah berawan dan berawan.

Berdasarkan data dari BMKG, prakiraan cuaca di Riau pada pagi hari cerah berawan – berawan. Potensi hujan dengan intensitas ringan tidak merata terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Indragiri Hilir dan Indragiri Hulu.

"Sedangkan siang – sore hari cerah – cerah berawan," ujar Prakirawan BMKG Stasiun Pekanbaru Ahmad Agus W, Jumat, 3 Desember 2021.

Sedangkan pada malam hari cuaca di Riau cerah berawan – berawan. Potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang namun tidak merata terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Kuantan Singingi, Kampar, Rokan Hulu, Siak, Pelalawan, dan Kota Pekanbaru.

"Untuk dini hari cuaca di Riau cerah berawan – berawan. Potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang namun tidak merata terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Rokan Hulu, Rokan Hilir, Kuantan Singingi, Kampar, Bengkalis, dan Kota Dumai," ucapnya.

Kemudian, BMKG juga mengeluarkan peringatan dini untuk waspada hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang berpotensi terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Rokan Hulu, Rokan Hilir dan Kampar pada malam dan dini hari.

Kemudian suhu udara di Riau yakni 23 – 33 derajat celcius, Kelembapan udara 55 – 98 persen dan kecepatan angin selatan - barat/05 – 36 km/jam.

"Prakiraan tinggi gelombang di perairan Provinsi Riau berkisar antara 0.50 – 1.25 m (tenang)," kata dia.

"Waspada potensi gelombang tinggi yang dapat mencapai 2,0 meter di wilayah perairan Bintan bagian utara hingga timur," tutupnya.