Kadiskes Rohil: Sukseskan Germas, Hentikan Merokok

Kamis, 02 Desember 2021

Sekda Rohil HM Job Kurniawan menandatangani Komitmen Bersama Hidup Sehat (Germas) pada Rakor Lintas Sektoral Germas, Rabu (01/02/2021) di Hotel Armarosa. f-amran

BAGANSIAPIAPI - Pemkab Rohil akan segera melaksanakan program Gerakan Masyarakat Sehat (Germas). Agar program Gerakan Masyarakat Sehat (Germas) berjalan sukses perlu partisipasi aktif masyarakat, stake holder dan seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) Pemkab Rohil.

"Semua lini. Semua masyarakat. Semua OPD harus melaksanakan dan mensukseskan,  serta mengerakkan program Germas," kata Plt Kadiskes Rohil dr Cici Sulastri, Rabu (01/12/2021) usai pembukaan Rakor Lintas Sektoral Gerakan Masyarakat Sehat (Germas) di Hotel Armarosa, Batu Lima. 

Salah-satu cara mensukseskan Germas, sebut Cici, adalah dengan menghentikan kebiasaan merokok, kebiasaan merokok yaang biasa dilakukan kalangan pria dan juga ada wanita.

"Contoh bapak-bapak ini kan banyak yang merokok. Nah sekarang dengan ada germas, harus hentikan merokok. Apa lagi sekarang sedang pandemi covid. Kemudian biasakan cuci tangan, dan patuhi protokol kesehatan (prokes)," ujar Cici.

Dibidang kesehatan, ucap Cici, ada enam indikator standar pelayanan kesehatan yang harus dicapai. Tujuan rakor Germas, katanya, supaya lebih memperkuat komitmen program Germas ini kedepan, dengan tujuan untuk meningkatkan prilaku hidup bersih dan sehat masyarakat. 

Sebab, kata Cici, merubah prilaku masyarakat dan lingkungan sekitar, agar berprilaku hidup sehat itu merupakan point yang penting dalam gerakan Germas.

"Semua yang menjadi indikator itu termasuk dalam standar minimal pelaksanaan program Germas. Semua (OPD) terlibat dalam germas itu. Contoh dalam Dinkes itu bidang yang terlibat bidang kesehatan masyarakt Seksi Promosi Kesehatan Masyarakat. Kita ingin Germas ini bisa terlaksana dengan sebaik mungkin," tandas Cici. (amran)