Wujudkan Masyarakat Sehat, Pemkab Rohil Canangkan Germas

Rabu, 01 Desember 2021

Sekda Rohil HM Job Kurniawan bersama Kadiskes Cici Sulastri, staf Dinkes Riau, serta para Kepala OPD Pemkab Rohil yang terkait dengan pelaksanaan program Germas. f-amran

BAGANSIAPIAPI - Pemkab Rohil melakukan Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Gerakan Masyarakat Sehat (Germas) Tahun 2021, Rabu (01/12/2021) di Hotel Armarosa, Batu Enam. 

Rakor dihadiri Sekda Rohil HM Job Kurniawan, mewakili Bupati Afrizal Sintong dan Wabup Rohil H Sulaiman. Plt Kadis Kesehatan Rohil Cici Sulastri, serta para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Rohil yang berkaitan dengan pelaksanaan Germas. 

Rakor Germas diisi dengan penandatanganan komitmen melaksanakan Gerakan Masyarakat Sehat oleh Sekda HM Job Kurniawan, dan diikuti oleh Kepala OPD Pemkab Rohil yang berkaitan dengan pelaksanaan prigram Germas. 

Rakor ini menghadirkan nara sumber dari Diskes Riau yang memaparkan Persentase Kabupaten / Kota di Riau Yang Menerapkan Germas.

Sekda Rohil HM Job Kurniawan mengatakan Germas Sangat penting dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kualitas dan kuantitas hidup masyarakat. 

Masyarakat yang sehat, jelasnya, akan memberikan kontribusi pada pembangunan. 

Namun jika derajat kesehatan masyarakat terganggu, yang disebabkan oleh penyakit menular, tidak menular dan prilaku hidup yang tidak sehat akan mengganggu jalannya pembangunan.

Job Kurniawan, yang juga Koordiator Germas Pemkab Rohil melanjutkan dalam mengatasi permasalahan kualitas kesehatan masyarakat diperlukan upaya pendekatan promotif dan preventif yang sangat efektif untuk menjawab berbagai tantangan kesehatan. 

"Karena pada dasarnya, pencegahan penyakit menular maupun tidak menular sangat tergantung pada prilaku individu yang didukung dengan kualitas lingkungan, ketersediaan sarana dan prasarana, peningkatan pelayanan kesehatan, menciptakan sumber daya kesehatan yang berkualitas serta dukungan regulasi," kata Job Kurniawan. 

Program prioritas pembangunan kesehatan pada periode 2015-2019, terang Sekda, dilaksanakan melalui Program Indonesia Sehat dengan pendekatan keluarga. Sebagai tindak lanjutn?ya telah tertit peraturan Mentri Kesehatan Nomor 39 tahun 2016 tentang Pedoman Penyelengaraan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga. 

Job menyebutkan ada 12 kriteria calon keluarga penerima Program Indonesia Sehat dengan pendekatan keluarga, yakni keluarga mengikuti keluarga berencana, ibu melakukan persalinan di fasilitas kesehatan, mendapatkan imunisasi dasar lengkap, bayi mendapatkan ASI ekslusif, balita mendapatkan pemantauan pertumbuhan, penderita tuberculosis paru mendapatkan pengobatan sesuai standart, pederita hypertensi melakukan pengecekan kesehatan secara teratur.

Selain itu penderita gangguan jiwa mendapat pengobatan dan tidak ditelantarkan, anggota keluarga tidak ada yang merokok, keluarga sudah menjadi anggota Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), keluarga mempunyai akses sarana air bersih, dan keluarga menggunakan jamban sehat. 

Adapun tujuan germas, ucap Job, mewujudkan masyarakat Rohil yang sehat sehingga kedepan memperoleh kesehatan yang terjaga, tercipta lingkungan yang bersih, sehingga dalam kehidupan yang sehat produktifitas masyarakat meningkat, dan biaya kesehatan juga akan berkurang tidak perlu beribat ke rumah sakit dan lain sebagainya. 

Sekda menjelaskan kesadaran hidup sehat dimasyarakat harus dimulai dari diri kita sendiri, dari keluarga dan diteruskan kemasyarakat lainnya. 

"Keluarga adalah bagian dari masyarakat terkecil yang membentuk kepribadian, proses pembelajaran, hingga kebiasaan-kebiasaan. Keluarga yang sehat dapat dengan mudah membentuk gerakan hidup sehat," tandas Sekda. (amran)