HUT PGRI dan HGN ke 76, Bupati Rohil Minta Percepatan Vaksinasi di Sekolah

Selasa, 30 November 2021

Kapolsek Bangko Kompol Sasli Rais memberikan hadiah kepada pemenang lomba dalam rangka HUT PGRI dan HGN ke 76 tahun 2021, usai upacara yang dilangsungkan di Halaman Kantor BPKAD Pemkab Rohil. f-amran

 

BAGANSIAPIAPI - Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) dan Hari Guru Nasional (HGN) ke 76 Tahun 2021 dilangsungkan secara sederhana, dengan upacara bendera, Selasa (29/11/2021) di halaman Kantor BPKAD Pemkab Rohil. 

Upacara bendera HUT PGRI dan HGN ke 76 tahun 2021 dipimpin Bupati Rohil Afrizal Sintong SIP.

Bupati Afrizal Sintong, yang membacakan amanat Mendikbud Ristek Nadiem Makarim, menyampaikan harapan agar ibu bapak guru, institusi pendidikan dan pemerintah dapat mendukung upaya kecepatan vaksinasi Covid-19 di lingkungan sekolah. 

"Sehingga anak-anak kita dapat segera kembali ke sekolah untuk belajar dengan aman, nyaman dan jauh lebih optimal," kata Bupati Afrizal Sintong, yang membacakan amanat Mendikbud Ristek RI. 

Selama hampir dua tahun terakhir, kata Afrizal, ibu bapak guru terus berjuang memberikan pendidikan di tengah semua tantangan. Dimasa pandemi, katanya, guru-guru di tantang untuk memanfaatkan teknologi, membuat pelajaran dan harus menarik bagi semua murid. Sementara di daerah yang sulit di akses internet, banyak guru yang mendatanggi rumah-rumah siswa. 

Kementerian, sebutnya, berupaya membantu dan mendukung para pendidik dan tenaga kependidikan dengan menghadirkan beragam paket kebijakan. Kementerian melaksanakan relaksasi dan Bantuan Operasiona Sekolah sehingga bisa digunakan untuk membayar honor guru non PNS.

Ada juga bantuan subsidi upah untuk pendidik dan tenaga kependidikan non PNS, memberikan opsi untuk menerapkan kurikulum darurat yang lebih ramping, lebih sederhana, membagikan modul pelajaran di masa khusus untuk membantu pelajaran di daerah yang sulit di akses internet, dan mengembangkan Guru Belajar dan saling belajar dari rekan sejawatnya dalam mengembangkan pelajaran.

Kementerian juga, sebutnya, juga berupaya meningkatkan kesejahteraan guru dengan menyelenggarakan seleksi guru ASN P3K dengan afirmasi bagi pelamar yang telah memiliki sertifikat pendidik yang berusia lebih dari 35 tahun, penyandang disabilitas berasal dari tenaga harian kontrak, dan aktif mengajar selama paling tidak tiga tahun.

"Sekarang kita berhasil melewati masa yang penuh tantangan. Saat ini kita mulai melaksanakan PTM terbatas dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat demi keselamatan semua warga sekolah," ucapnya.

Kementerian juga mengucapkan terima kasih atas kerja keras dan dedikasi ibu dan bapak guru dalam mendidik anak-anak Indonesia menjadi generasi pelajar Pancasila yang cerdas, berakhlak dan beretika. 

"Kementerian terus berupaya mendengarkan masukan dari ibu dan bapak, serta memberikan peningkatan kesejahteraan dan kualitas guru demi kemajuan Indonesia di masa mendatang," sebut Afrizal. 

Upacara HUT PGRI dan HGN ke 76 tahun 2021 ditutup dengan pemberian hadiah lomba permainan tradisional tingkat Kecamatan Bangko yang sudah dilaksanakan pada Minggu (28/11/2021) di Pujasera di Jalan Pulau Baru. 

Upacara dihadir Wabup Rohil H Sulaiman, Kapolsek Bangko Kompol Sasli Rais, Kasdim 0321 Rohil, Sekda HM Job Kurniawan, Dan Pos AL Bagansiapiapi, pengurus PGRI Rohil, beberapa Kepala OPD, siswa SD, SMP, SMA, dan lain-lain. (amran)