Antisipasi Karhutla, Bhabinkamtibmas Bersama MPA Sisir Tepian Sungai dan Hutan di Kampung Pinang Seb

Senin, 29 November 2021

Bhabinkamtibmas Kampung Pinang Sebatang Bripka Dian saat melakukan patroli Karlahut bersama Masyarakat Peduli Api (MPA) di Kampung Pinang Sebatang, Kecamatan Tualang, Kabupaten Siak, Riau, Senin 29 November 2021. (Foto: Rizal Iqbal)

SIAK, Riautribune.com - Bhabinkamtibmas Kampung Pinang Sebatang Bripka Dian bersama Masyarakat Peduli Api (MPA) Kampung Pinang Sebatang, melakukan patroli untuk mengantisipasi terjadinya Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Dusun Sekar Mayang Kampung Pinang Sebatang Kecamatan Tualang Kabupaten Siak, Riau.

Patroli Karhutla kali ini cukup menguras tenaga. Pasalnya tim patroli harus menempuh jalur darat yang letaknya jauh dari pusat kota.

Sebelum mencapai lokasi patroli, tim harus menyebrangi sungai menggunakan transportasi air yakni Pompong dan menyisir tepian sungai demi memastikan tidak adanya bahaya kebakaran hutan dan lahan.

"Hari ini giat kita bersama MPA Kampung Pinang Sebatang adalah patroli Karhutla. Ini menjadi giat rutin yang selalu kita lakukan, demi terciptanya ketertiban dan kenyamanan masyarakat agar kebakaran hutan dan lahan cepat terdeteksi sejak dini," jelas Kapolsek Tualang AKP Alvin Agung Wibawa SIK melalui bhabinkamtibmas Kampung Pinang Sebatang Bripka Dian usai melakukan patroli Karhutla di Pinang Sebatang, Senin (29/11/2021).

Selain itu, Bripka Dian juga menghimbau kepada masyarakat agar dapat menjaga lingkungan tempat tinggal agar tidak terjadi musibah kebakaran.

"Kita harap masyarakat agar tidak membakar lahan dan kebun disaat cuaca yang tidak menentu. Usahakan sampah dapat dikumpulkan dan dibuang ke tempat pembuangan sampah akhir yang telah di sediakan pemerintah. Mari kita jaga lingkungan kita demi terciptanya Khamtibmas yang baik," imbaunya. (Rizal Iqbal)