Berikut Ini Nama yang Perebutkan Kursi KONI Provinsi Riau

Sabtu, 20 November 2021

Ilustrasi: net

PEKANBARU, Riautribune.com - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Riau akan mengadakan usyawarah tingkat Provinsi (Musprov) yang akan digelar pada Desember 2021 mendatang. 

Adapun rencana utama Musprov ini nantinya adalah untuk menentukan siapa yang akan menjabat ketua KONI Riau kedepannya, mengingat masa bakti kepengurusan KONI Provinsi Riau akan segera berakhir.

Sejumlah nama diketahui siap untuk bersaing untuk menjadi Ketua KONI Riau periode 2022-2026. Salah satunya Wakil Ketua Bidang Organisasi Riau, Destrayani Bibra.

Mantan manajer PSPS ini yang akrab disapa Bibra, punya visi meningkatkan prestasi olahraga Riau dan juga bertekad untuk menjadikan olahraga sebagai salah satu penguat dalam membangun Riau. Bibra optimis terhadap dukungan yang harus dipenuhinya untuk ikut dalam Musprov KONI Riau.

Menurutnya, prestasi olahraga di Riau dalam kondisi yang sangat baik, setidaknya terlihat dari keberhasilan Provinsi Riau pada posisi 8 besar di PON Papua, dengan perolehan 21 emas, 25 perak serta 21 perunggu.

Nama lain yang mantap maju menjadi calon Ketua KONI Riau adalah, Kordias Pasaribu. Selain mantan Ketua DPRD Riau, ia dipercaya menjabat Ketua Umum Pengprov Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Riau.

Keinginan Kordias maju menjadi bakal calon (balon) Ketua Umum KONI Riau, adalah ingin memajukan olahraga di Riau. Bahkan dia berpendapat bahwa sudah saatnya Ketua Umum KONI Riau dijabat anak muda.

Untuk maju sebagai balon, Kordias menyatakan sudah didukung beberapa KONI Kabupaten/Kota dan Pengurus Provinsi Cabang Olahraga (Pengprov Cabor). "Pokoknya syarat kita untuk maju menjadi bakal calon sudah terpenuhi," ujar Kordias.

Menurut Kordias, kemajuan olahraga tidak terlepas dari 3 pilar yakni Cabang Olahraga (Cabor) atau pelaku olahraga, pemerintah dan juga pelaku usaha.

Antara pelaku olahraga, pemerintah dan pelaku usaha, harus menjadi satu nafas untuk melakukan perubahan dan melahirkan Cabor dan atlet berprestasi baik di tingkat Provinsi, nasional bahkan hingga Internasional.

Terlepas dari Kordias, nama calon yang juga mantap ikut dalam Musprov KONI Riau nanti, adalah Plt KONI Riau, H Raja Marjohan Yusuf. Wakil Ketua MKA LAM Riau ini mengklaim sudah mendapat restu dari pengurus LAM Riau. Ia sebelumnya pernah menjadi Ketua Persatuan Boling Indonesia (PBI) Riau dua periode.

Sebagai informasi, Ketua KONI Riau sebelumnya diamanahkan kepada H Emrizal Pakis yang wafat akibat covid-19, pada Sabtu 29 April lalu.

Dengan waktu yang sudah dekat ini, riak-riak jelang Musprov KONI Riau sudah muncul ke permukaan. Salah satunya adalah aksi yang digelar oleh salah satu ormas tempatan yang mendatangi kantor KONI Riau di Jalan Gajah Mada, Pekanbaru, pada Jumat (12/11/2021) lalu, guna menyuarakan aspirasi mereka.

Dalam tuntutannya, mereka meminta agar yang menjadi Ketua KONI Riau nantinya, diisi oleh putra daerah. Mereka juga meminta agar dalam pencalonan Ketua KONI Riau nanti tidak menjadi ajang politik uang (money politics). (Reynold)