Tonton Yuk, Album 30 Adele Resmi Rilis

Jumat, 19 November 2021

Foto : Istimewa

JAKARTA, Riautribune.com - Adele resmi merilis album 30 pada Jumat (19/11) siang waktu Indonesia. Album itu sudah bisa diakses di Apple Music dan Spotify sejak sekitar pukul 10.00 WIB.

Dalam album tersebut, Adele memulai dengan lagu Strangers By Nature yang bersuasana lullaby dan lawas. Kemudian Easy On Me yang telah dirilis sebelumnya, lalu My Little Love yang berisi petikan suara sang anak, Angelo.

Adele kemudian bergerak ke musik soul dengan Cry Your Heart Out dan Oh My God, beat beranjak naik di Can I Get It dan kembali mendayu di I Drink Wine.

Dalam deskripsi album di Apple Music, album 30 disebutkan menuntut Adele untuk berpikir dan refleksi lebih dalam dibanding sebelumnya. Hal itu karena sisi personal yang begitu kuat dalam album ini.

"Ada momen-momen ketika saya menulis lagu-lagu ini, dan bahkan ketika saya melakukan mixing dan semacamnya, saya seperti merasa 'mungkin saya tak perlu merilis album ini'," kata Adele kepada Zane Lowe dari Apple Music.

"Seperti, 'mungkin saya harus menulis yang lain'. Hanya karena musik adalah terapi saya. Saya tidak pernah ke studio hanya untuk menciptakan hit. Itu bukan saya," lanjutnya.

Perilisan ini disambut heboh oleh penggemar Adele melalui tagar #Adele30. Beragam ungkapan ekspresi dengan meme beredar di dunia maya terkait lagu-lagu dalam album teranyar Adele ini.

Sebelumnya ketika mengungkap daftar lagu album 30 pada awal November lalu, Adele mengaku menemukan perasaannya kembali ketika menggarap album ini. Ia juga mengatakan tidak pernah merasakan ketenangan dalam hidupnya.

Seperti dilansir Variety pada Rabu (13/10), Adele bekerja sama dengan Greg Kurstin, Max Martin, Inflo, serta komposer dan produser Swedia Ludwig Goransson dalam menyiapkan album bertajuk 30.

Adele juga akan menggelar konser secara live di London pada Juli 2022, tepatnya akan berlokasi di Hyde Park London selama dua hari, yaitu 1-2 Juli 2022.

Sebelumnya, Adele merilis single Easy On Me pada Jumat (15/10). Easy On Me menjadi single pertama Adele setelah resmi bercerai dari Simon Konecki in 2019. Segala perasaan Adele seolah dituangkan dalam lagu dan video musik tersebut.

Video musik Easy On Me telah disaksikan lebih dari 132 juta penonton pada Selasa (2/11).

Video musik Easy On Me diawali latar sebuah rumah yang sudah siap ditinggalkan oleh Adele. Sambil berjalan ke luar sembari membawa tas, Adele terlihat tampak kesulitan untuk berkomunikasi dengan orang terkasihnya.

Video musik Easy On Me kembali dipercayakan kepada sutradara Xavier Dolan yang sebelumnya telah bekerja sama dengan Adele dalam Hello (2015).*