Ditekuk Spurs, Kans Juara City Kian Mengecil

Senin, 15 Februari 2016

Tottenham Hotspur mimpi buruk bagi Manchester City di Etihad Stadium.(internet)

MANCHESTER – Manchester City menjamu Tottenham Hotspur di Etihad Stadium pada laga pekan ke-26 Premier League 2015-2016, Senin (16/2/2016) dini hari WIB. Tim tuan rumah harus menelan pil pahit setelah takluk dengan skor 1-2. Sepasang gol Spurs dicetak Harry Kane dan Christian Eriksen, sementara gol semata wayang City dibuat Kelechi Iheanacho.

Dengan hasil ini, Spurs kembali ke peringkat dua papan klasemen menggeser Arsenal yang beberapa jam sebelumnya menang atas Leicester City di Emirates dengan skor 2-1. Spurs dan Arsenal mengoleksi poin sama, yakni 51 poin. Namun, The Lily Whites unggul selisih gol dari musuh bebuyutannya tersebut.

Leicester sendiri masih bercokol di puncak klasemen dengan 53 poin. Sementara itu, City masih tertahan di peringkat empat dengan koleksi 47 poin.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama
Kedua tim langsung bermain terbuka dengan tempo tinggi sejak peluit awal dibunyikan wasit Mark Clattenburg. Di sepuluh menit awal, Spurs beberapa kali mengancam lewat permainan cepat, sementara City lebih cenderung ingin menguasai ball possession terlebih dulu.

Menit 14, Son Heung-Min sebenarnya sempat menggetarkan gawang City usai sepakannya dari sudut sempit gagal diantisipasi kiper City, Joe Hart. Sayang, gol ini dianulir wasit karena attacker Timnas Korea Selatan itu sudah berada dalam posisi offside.

Dua menit berselang, giliran City melancarkan tekanan cepat. Akan tetapi, tembakan keras Raheem Sterling dari dalam kotak penalti hanya menghasilkan sepak pojok.

Halauan krusial dilakukan Danny Rose pada menit 25. Fullback Spurs itu menutup laju tembakan Sterling yang cukup keras di dalam kotak 16. Memasuki setengah jam laga, tembakan jarak jauh Eriksen memaksa Hart melakukan save gemilang.

Di sepertiga akhir paruh pertama, tim tamu meningkatkan penguasaan bola mereka. Hanya saja memang lini depan mereka yang dipimpin Kane masih kurang tajam dan efektif. Sampai turun minum, kedudukan imbang tanpa gol bertahan.

Babak Kedua
The Citizens mengambil inisiatif serangan selepas jeda laga. Dua menit paruh kedua baru berjalan, Sergio Aguero mendapat peluang usai meneruskan tendangan Yaya Toure yang sempat membentur bek lawan. Sayang, eksekusinya melambung tinggi meski dalam posisi tanpa kawalan.

Spurs mendapatkan hadiah penalti pada menit 54 setelah crossing Danny Rose dinilai wasit menyentuh tangan Sterling. Kesempatan tersebut tak disia-siakan Kane untuk membuat publik Etihad terdiam. 1-0 untuk Spurs.

Tiga menit berselang, Toure nyaris menyamakan skor andai tendangan bebasnya tak membentur mistar.

Usai tertinggal, City kian gencar meningkakan intensitas tekanan. Hanya saja, barisan pertahanan Spurs tampil menawan dan disiplin hingga memasuki sepertiga akhir permainan.

Menit 74, Iheanacho mampu mencetak gol penyeimbang lewat tembakan kerasnya usai menerima umpan tarik Gael Clichy. 1-1!

Sayang, publik Etihad kembali bungkam ketika Eriksen sukses menuntaskan umpan terobosan Erik Lamela pada menit 83. Kedudukan menjadi 2-1 untuk Spurs yang bertahan hingga usai.(okz/rt)