Ingin Jadi Agen Gas LPG? Berikut Syarat dan Cara Daftarnya

Jumat, 05 November 2021

Riautribune.com - Gas elpiji (LPG) atau liquefied petroleum gas ukuran 3 kg termasuk bahan bakar alternatif yang saat ini banyak digunakan masyarakat untuk keperluan memasak.

Tingginya permintaan dari kalangan rumah tangga, membuat kebutuhan gas 3 kg semakin besar. Usaha menjadi agen gas elpiji pun dinilai menjanjikan jika dibanding menjual eceran.

Apabila Anda ingin menjalani bisnis lewat penjualan gas melon ini, simak cara daftar agen gas elpiji 3 kg seperti dilansir laman PT Pertamina.

Syarat Daftar Menjadi Agen Gas Elpiji

Menjalin kemitraan bersama Pertamina perlu memenuhi syarat dan ketentuan. Pasalnya, jumlah agen gas elpiji 3 kg atau LPG PSO dibatasi sesuai dengan kuota dari pemerintah.
Selain menyiapkan modal usaha, calon mitra LPG PSO harus berbentuk Badan Usaha (Perseroan Terbatas atau Koperasi).

Di bawah ini ada beberapa persyaratan dokumen yang perlu dipersiapkan sebelum mendaftar agen gas ke Pertamina:

1. Scan kartu identitas (KTP) calon mitra
2. NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) perusahaan
3. Bukti penguasaan lahan
4. Bukti rekening koran 1 tahun terakhir untuk dilampirkan
5. Akta mendirikan perusahaan seperti SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan) dan TDP (Tanda    Daftar Perusahaan) bagi Badan Hukum
6. Bukti rekening atas nama badan usaha
7. Fotokopi kepemilikan usaha sejenis (jika ada)
8. Fotokopi bukti kerja sama dengan PT. Pertamina (jika ada). Contoh: Bukti sebagai    Pangkalan LPG NPSO termasuk sumber Agen penyuplai, Agen LPG PSO, SPBE, dsb.

Selain syarat dokumen, calon mitra harus memenuhi kualifikasi terkait sarana atau fasilitas untuk tempat usaha gas elpiji. Anda bisa membacanya lebih lengkap di sini.

Cara Daftar Agen Gas Elpiji

Apabila sudah mempersiapkan rangkaian persyaratan baik dari segi administrasi atau sarana dan fasilitas, berikut cara daftar menjadi agen gas elpiji 3 kg 2021.

Caranya dilakukan lewat online dengan mengunjungi link pendaftaran agen gas elpiji 3 kg https://kemitraan.pertamina.com/ kemudian log in untuk dapat membuka akun.

Dilansir situs resminya, proses pendaftaran online kemitraan Pertamina terdiri dari beberapa tahapan. Di antaranya:

Proses Pendaftaran Online

1. Proses Input Data: pendaftar mengisikan informasi detail mengenai data perusahaan,    data pribadi dan lokasi pengajuan kemitraan Pertamina.
2. Proses Verifikasi Awal: meliputi seleksi kesiapan finansial dan seleksi kesiapan    lahan

a. Seleksi Kesiapan Finansial, berfungsi untuk menilai kemampuan pengelolaan finansial calon mitra dan kesiapan finansial Calon Mitra.

b. Seleksi Kesiapan Lahan, berfungsi untuk menilai apakah lahan yang diajukan layak untuk menjadi mitra Pertamina atau tidak. Calon Mitra tidak diharuskan untuk memiliki lahan terlebih dahulu. Untuk informasi lebih lengkap dapat dilihat di menu Info.

3. Proses Verifikasi Lapangan, bertujuan untuk menyamakan data yang telah diinput calon    mitra dengan fakta di lapangan.

Proses Input Data
1. Pemilihan lokasi
2. Registrasi
3. Aktivasi akun
4. Profil pengusaha
5. Profil perusahaan
6. Tata letak

Jika calon mitra berhasil lolos dari tahap verifikasi data, selanjutnya akan diverifikasi kembali dari sisi lapangan.

Apabila dinyatakan layak secara keseluruhan, calon mitra akan mendapat perizinan untuk menjalani kemitraan dengan PT Pertamina.

Cara daftar agen gas elpiji 3 kg memang memiliki syarat berlapis sebagai bentuk transparansi bisnis. Tapi hal ini dapat menguntungkan apabila Anda bisa dipenuhi secara penuh.***

Semoga Bermanfaat