XL Hasilkan Berbagai Capaian Positif

Jumat, 05 Februari 2016

JAKARTA-riautribune: PT. XL Axiata Tbk (XL) mengumumkan hasil audit kinerja keuangan perusahaan tahun 2015 yang berakhir 31 Desember 2015. Selain itu, XL juga mengumumkan rencana untuk menerbitkan saham baru (rights issue), dimana dana yang dihasilkan dari rights issue tersebut akan digunakan untuk membayar kembali pinjaman dari pemegang saham sebesar USD 500 juta.

Presiden Direktur dan CEO XL, Dian Siswarini mengatakan, pihaknya telah menutup tahun 2015 dengan berbagai pencapaian positif sebagai hasil dari transformasi yang dilakukan sejak awal 2015 lalu. "Kami telah berhasil meningkatkan kinerja operasional dan finansial guna membangun pondasi perusahaan yang lebih kuat untuk meraih pencapaian kinerja yang lebih baik di tahun 2016," ujarnya.

Dikatakan Dian, XL berhasil membukukan pertumbuhan pendapatan selama tiga kuartal secara berturut-turut. Peningkatan terbesar, katanya, ada pada Laba Sebelum Bunga, Pajak, Depresiasi dan Amortisasi (EBITDA) yang meningkat 6 persen menjadi Rp2,3 triliun, yang kemudian meningkatkan EBITDA margin menjadi 39 persen atau naik 1 persen.

Peningkatan  ini  merupakan  dampak  positif  dari  terbentuknya kembali basis pelanggan yang berfokus pada pelanggan-pelanggan yang lebih menguntungkan, serta adanya upaya untuk meningkatkan profitabilitas portofolio produk. Pencapaian ini sekaligus juga merupakan peningkatan EBITDA dan EBITDA margin selama tiga kuartal berturut-turut.

Menurut Dian, XL terus fokus untuk menjadi yang terdepan dalam menyediakan layanan internet mobile di Indonesia. Sejalan dengan hal tersebut dan juga adanya peningkatan adopsi pelanggan terhadap ponsel dengan kemampuan layanan data, telah mendorong pertumbuhan yang kuat untuk trafik layanan data. Trafik data tumbuh 54 persen di tahun 2015, dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. Total pengguna layanan data sebesar 22,5 juta atau 54 persen dari total pelanggan XL. (rls)