Di Pekanbaru dan Cibubur, Eka Hospital Luncurkan Pusat Diabetes Terpadu

Ahad, 31 Oktober 2021

Eka Hospital hadirkan pusat diabetes terpadu Diabetes Connection Care

PEKANBARU, Riautribune.com - Eka Hospital mengadakan edukasi umum bersama Sidartawan Soegondo, Wakil Menteri Kesehatan RI Dante Saksono dan artis muda Tasya Kamila. Adapun kegiatan tersebut mengusung tema "Sweet Gene, Tips MenangLawan Diabetes".

Menurut Prof Sidartawan Soegondo selaku Chairman Diabetes Connection Care Eka Hospital, diabetes adalah jenis penyakit yang harus ditangani secara komprehensif dan efektif. 

Dia menyebutkan, diabetes tidak hanya dilihat dari penurunan gula darah saja, namun dari berbagai aspek guna mencegah terjadinya komplikasi diabetes seperti serangan jantung, stroke, kebutaan, gagal ginjal hingga amputasi. Hal inilah yang menjadi dasar hadirkan pusat diabetes terpadu "Diabetes Connection Care" di Eka Hospital.

Diabetes Connection Care Eka Hospital memiliki tim dokter spesialis multidisiplin yang bekerjasama dengan tim dokter spesialis endokrin dibawah asuhan Prof Sidartawan guna menangani berbagai masalah yang ditimbulkan oleh penyakit diabetes, salah satunya luka kaki diabetes. Tim dokter Diabetes Connection Care bersama dokter spesialis bedah vaskular akan merawat luka tersebut untuk mencegah terjadinya amputasi tungkai kaki.

Lebih lanjut Prof Sidartawan Soegondo juga menjelaskan bahwa penanganan diabetes harus berjalan secara efektif dan efisien. Seperti yang kita ketahui bahwa diabetes tidak dapat disembuhkan, maka perawatannya dilakukan seumur hidup pasien. Pusat Diabetes Connection Care
Eka Hospital sudah memiliki paket-paket pemeriksaan yang disusun untuk memudahkan pasien mengetahui kondisi kesehatannya secara berkala dan tentunya harus efisien dalam hal pengeluaran biaya.

"Paket-paket yang dibuat ini sudah diperhitungkan besaran biayanya, tentunya agar pasien tidak merasa keberatan biaya saat melakukan kontrol rutin di rumah sakit," ungkap Prof Sidartawan, Ahad, 31 Oktober 2021.

Beberapa jenis pemeriksaan yang terdapat pada paket paket tersebut adalah pemeriksaan darahlengkap, fungsi jantung, fungsi ginjal, fungsi hati, retina mata hingga syaraf tepi pada kaki.

Mengusung tema besar Hari Diabetes Sedunia pada tahun 2021, Pusat Diabetes Connection Care Eka Hospital kini sudah melayani di 2 tempat baru yaitu Eka Hospital Pekanbaru dan Eka Hospital Cibubur yang sebelumnya sudah terlebih dahulu terdapat di Eka Hospital BSD City, Tangerang Selatan. Tentunya hal ini merupakan berita yang sangat menggembirakan untuk para penyitas diabetes dan yang baru saja terdiagnosa diabetes.

Sementara itu dr. Leny Puspitasari, SpPD- KEMD selaku Ketua PERSADIA Banten menambahkan bahwa peran komunitas diabetes sangat berpengaruh dalam peningkatan gaya hidup. Dengan adanya komunitas dapat membantu bagi diabetisi untuk mendapatkan informasi tentang pencegahan diabetes dan perubahan gaya hidup, pemberian konseling, pembinaan, serta dukungan
untuk orang dengan risiko diabetes yang lebih tinggi.

Melalui webinar ini Eka Hospital juga mengajak masyarakat, terutama anak muda untuk lebih peduli diabetes dan melawan diabetes dengan menjalankan pola hidup sehat.

"Lifestyle jaman sekarang yang serba manis membuat kita menjadi lebih mudah gemuk, sehingga angka kegemukan pun bertambah yang bisa menjadi faktor terkena diabetes. Bagi anak- anak muda yang memiliki faktor risiko diabetes atau memiliki keturunan diabetes harus sudah mulai melakukan pemeriksaan rutin ke rumah sakit apalagi jika usia sudah diatas 30 tahun," tambah Erwin Suyanto, Head of Marketing Corporate Eka Hospital. (rilis)