BPBD Riau Imbau Warga Perhatikan Informasi dari BMKG

Selasa, 26 Oktober 2021

Banjir di salah satu kawasan di Pekanbaru pasca hujan mengguyur dalam beberapa hari terakhir. Foto : Reynold

PEKANBARU, Riautribune.com - Riau sudah memasuki musim penghujan. Beberapa wilayah di Kota Pekanbaru yang selama ini menjadi langganan banjir berpotensi terjadi kembali. 

Menanggapi hal tersebut, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, M Edi Afrizal mengingatkan kepada warga agar meningkatkan kewaspadaan.  

"Iya, kita minta mereka waspada, karena saat ini curah hujan mulai tinggi, jika terjadi banjir segera cari tempat yang lebih tinggi, barang-barang elektronik segera diselamatkan, " kata Edi, Selasa (26/10/2021).

Edi mengimbau terutama kepada warga yang tinggal di bantaran sungai, agar selalu memperhatikan prakiraan cuaca yang dirilis oleh BMKG Pekanbaru. 

 "Kita minta warga agar selalu monitor perkiraan cuaca dari BMKG," harapnya.

Edi mengatakan hingga hari ini, pihaknya belum mendapatkan laporan dari Kabupaten dan Kota di Riau terkait terjadinya banjir, meski di beberapa tempat, banjir sudah terjadi di kota Pekanbaru.  

Namun, pihaknya sudah mempersiapkan petugas, sarana dan pra sarana yang siap diturunkan ke daerah. 

"Anggota kita sudah kita turunkan untuk melakukan patroli di wilayah-wilayah yang terjadi banjir, sedangkan untuk daerah lain kita belum dapat laporan. Kita juga selalu siaga, jika ada permintaan bantuan dari daerah yang dilanda banjir," tutup Edi. (Rey)