Korea Utara Nilai Amerika Serikat Sembrono Karena Bela Taiwan

Ahad, 24 Oktober 2021

Presiden Amerika Serikat Joe Biden

JAKARTA, Riautribune.com - Presiden Amerika Serikat, Joe Biden akan membela Taiwan jika nantinya negara tersebut diserang oleh China. Korea Utara pun turut bersuara mengenai hal itu.

Wakil Menteri Luar Negeri Korea Utara, Pak Myong Ho mengatakan pernyataan Biden itu sembrono dan penuh campur tangan yang tidak bijaksana.

Pak mengatakan pernyataan tersebut mengakibatkan potensi bahaya menyentuh situasi rumit di Semenanjung Korea.

"AS harus ingat bahwa campur tangan sembrononya dalam urusan internal, upayanya untuk memecah belah dan tindakan standar ganda yang terbuka hanya akan mengundang konsekuensi tragis dari mengangkat kapak untuk menjatuhkannya di kakinya sendiri," kata dia, Sabtu, 23 Oktober 2021.

Dalam pernyataannya, Pak juga mengkritik AS karena mengirim kapal perang ke Selat Taiwan dan mengumumkan penjualan senjata senilai 750 juta dolar AS.

"Tindakan AS merupakan campur tangan terang-terangan dalam urusan internal Republik Rakyat China (RRC) dan menyebabkan ancaman besar bagi perdamaian dan stabilitas internasional," ujar Pak.

"Kami sepenuhnya mendukung pemerintah dan rakyat China dalam pendirian mereka untuk mempertahankan kedaulatan nasional dan integritas teritorial dan untuk mewujudkan penyatuan tanah air tanpa gagal," kata dia lagi.