Sebut Pemilu 2009 Masif Kecurangan, Demokrat Kaitkan Hasto Dengan Harun Masiku

Ahad, 24 Oktober 2021

Deputi Bappilu DPP Partai Demokrat, Kamhar Lakumani

JAKARTA, Riautribune.com - Deputi Bappilu DPP Partai Demokrat, Kamhar Lakumani menanggapi tentang pernyataan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto menyinggung soal Pemilu 2009 yang dimenangkan oleh Partai Demokrat, masif kecurangan.

Kamhar menilai jika  Hasto belum move on dari kekalahan. "Apalagi Hasto kembali mengalihkan topik dari polemik tentang pengambilan keputusan Presiden Jokowi dan presiden pendahulunya ke persoalan Pemilu 2009. Hasto gagal move on untuk menerima kenyataan Paslon yang diusung partainya kalah telak saat Pilpres dalam satu putaran," kata dia dilansir dari detik.com.

"Publik masih ingat kontestasi Pilpres 2009 diikuti 2 incumbent, selain Pak SBY juga ada Pak JK yang berpasangan dengan Pak Wiranto. Jadi tak mungkin menggunakan pendekatan kekuasaan. Hasil-hasil survei dari seluruh lembaga survei juga tak jauh berbeda dengan hasil Pemilu saat itu yang memenangkan SBY-Boediono. Jadi Hasto tak usah buat argumen yang ngawur dan so intelek tapi tak punya justifikasi, hanya ilusi," jelas Kamhar.

Kamhar juga menilai jika Hasto tidak memiliki integritas untuk membicarakan netralitas KPU dalam pemilu di era SBY. Kamhar menilai Hasto lah yang memiliki rekam jejak yang hitam terkait Harun Masiku.

"Lagi pula Hasto sama sekali tak punya integritas berbicara tentang netralitas KPU. Justru dialah yang memiliki rekam jejak hitam mengintervensi KPU untuk memuluskan buronan Harus Masiku yang kini entah dimana. Jika merasa bersih dan punya tanggung jawab moral, Hasto mestinya fokus saja bagaimana menghadirkan Harus Masiku," ujarnya.

Dia juga menilai Hasto seharusnya fokus pada agenda partai. Sehingga janji kampanye bisa ditepati.

"Jadi Hasto sebaiknya memperbaiki diri. Sebagai Sekjen partai penguasa, fokus saja dengan agenda partainya sebagai the rulling party agar janji-janji kampanye jilid 1 dan jilid 2 bisa ditunaikan. Hingga kini belum ada janji kampanye baik di bidang politik, ekonomi, dan hukum yang ditepati dan dilunasi. Hasto harus merubah gaya politik post truth yang terus dilakoninya. Ini kontraproduktif dalam ikhtiar pendewasaan demokrasi dan pendidikan politik bagi rakyat," ucapnya lagi

Tak hanya itu, soal perbandingan kinerja Presiden Joko Wido (Jokowi) dan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Kamhar menyebut Hasto insecure. Tak hanya itu, Kamhar juga menyebut Hasto ngawur.

"Tanggapan Hasto semakin menunjukkan dia insecure dan sedang terpapar virus kengawuran. Menawarkan pendekatan berbasis riset dan analisis untuk studi komparasi antara capaian pemerintahan SBY versus pemerintahan Jokowi agar lebih objektif melalui beasiswa yang disiapkannya secara pribadi. Ini senyatanya conflict of interest yang sejak dari niat sudah cacat. Hasto terlalu arogan dengan membuat pernyataan sok intelek yang justru melecehkan kewarasan publik. Ini mempertontonkan kedunguan yang nyata," tuturnya.

Kamhar juga menanggapi pernyataan Hasto yang menyatakan banyaknya kecurangan pada pemuliu di era SBY. Menurut Kamhar, hal ini membuktikan Hasto gagal move on karena pasangan yang diusung partainya kalah.