Situs Resmi Trump Di Retas, Hacker Ganti Video Erdogan

Selasa, 19 Oktober 2021

Riautribune.com - Situs resmi presiden ke-45 AS, Donald Trump diretas oleh seorang hacker asal Turki pada Senin (18/10) waktu setempat. Hacker menyematkan video YouTube Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan ke salah satu halaman situs tersebut.

Pengunjung ke subdomain situs web Trump disambut dengan pesan "Janganlah seperti orang yang melupakan Allah, maka Allah membuat mereka melupakan diri mereka sendiri,".

Di situs juga disisipkan tautan ke video Erdogan yang terlihat sedang mendiskusikan ayat-ayat dari Al-Qur'an.

Hacker yang menggunakan moniker "RootAyyildiz." mengaku sebagai pihak yang bertanggung jawab terhadap peretasan situs web milik Trump tersebut.

Dilansir dari Gizmodo, peretas mengatakan bahwa mereka telah menyusup ke halaman menggunakan Server Side Template Injection, atau SSTI, semacam eksploitasi yang memungkinkan eksekusi kode jarak jauh.

"Ada banyak area serangan peretasan, misalnya, peretasan akun media sosial atau situs web, saya seorang peretas dan saya telah bekerja di situs web untuk waktu yang lama," kata hacker itu dalam pesan Facebook.

Peretasan tersebut tampaknya menjadi jenis peretasan yang dikenal sebagai defacement, di mana penyerang mendapatkan akses ke situs web dan menggantinya dengan konten mereka sendiri.