Indonesia Nomor 5 Negara Penyumbang Polusi Terbanyak di Dunia

Selasa, 19 Oktober 2021

Foto : Istimewa

JAKARTA, Riautribune.com - Penelitian terbaru terkait polusi udara kembali dirilis. Ternyata, ada nama Indonesia di dalamnya.

Penelitian ini dilakukan dengan membandingkan data-data ekologis dari tahun 1850 hingga sekarang. Riset dilakukan oleh Dr. Simon Evans dari Carbon Brief.

Dilansir dari Strait Times, riset ini menunjukkan deretan negara penyumbang polusi udara terbesar di dunia. Tiga negara teratas adalah Amerika Serikat (AS), China, dan Rusia.

Ketiga negara itu menyumbang hampir 40 persen dari akumulasi emisi CO2 dari aktivitas manusia.

"Pada akhir tahun ini, AS akan mengeluarkan lebih dari 509 miliar ton CO2 sejak 1850. Ini mewakili 20,3% dari total global, bagian terbesar, dan terkait dengan sekitar 0,2 derajat Celcius pemanasan hingga saat ini," menurut analisis tersebut.

Di tempat kedua ada China dengan 11,4% emisi CO2 kumulatif hingga saat ini dan sekitar 0,1 derajat Celcius pemanasan. China memiliki emisi terkait lahan yang tinggi sejak tahun 1850, tetapi ledakan ekonomi berbahan bakar batu bara sejak tahun 2000 adalah penyebab utama posisinya saat ini.

Setelah ketiga negara itu, Brasil dan Indonesia duduk di posisi keempat dan kelima. Ini sebagian besar karena deforestasi selama beberapa dekade.

Brasil melakukan deforestasi pada masa kolonialisme. Lahan hutan dibuka untuk menanam tanaman komersial seperti karet, gula dan tembakau.

Deforestasi Brasil dipercepat dengan munculnya peternakan sapi, perkebunan untuk skala industri, seperti kedelai, kelapa sawit, dan penebangan hutan.

"Kami pikir analisis ini menyoroti kebutuhan untuk mempertimbangkan penggunaan lahan dan emisi deforestasi dan tidak hanya fokus pada emisi bahan bakar fosil," ujar Leo Hickman, direktur dan editor Carbon Brief.

Namun andai melihat data per kapita, terdapat perbedaan yang jauh. Dengan perhitungan tersebut, Kanada, AS, Estonia, dan Australia merupakan negara dengan sumbangan emisi terbesar. Sementara itu, negara seperti China, India, Brasil, dan Indonesia keluar dari daftar 10 besar penyumbang polusi.

"Sementara negara-negara ini (China, India, Brasil, dan Indonesia) telah memberikan kontribusi besar terhadap emisi kumulatif global, mereka juga memiliki populasi yang besar, membuat dampaknya per orang jauh lebih kecil," kata Dr. Evans dalam analisisnya.

"Memang, keempat negara itu menyumbang 42% dari populasi dunia, tetapi hanya 23% dari emisi kumulatif dari tahun 1850-2021," dia menambahkan.*