IDI Siak Taja Baksos Pemeriksaan Mata dan Pemberian Kacamata gratis di Ponpes Alfadlah Minas

Ahad, 17 Oktober 2021

Bersempena Hari Penglihatan Sedunia, IDI Siak Taja Baksos Pemeriksaan Mata dan Pemberian Kacamata gratis di Ponpes Alfadlah Minas

SIAK, Riautribune.com - Setiap pekan kedua di bulan Oktober setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Penglihatan Sedunia atau World Sight Day, dan tahun ini jatuh pada tanggal 14 Oktober 2021. Peringatan ini bertujuan untuk memusatkan perhatian global pada gangguan penglihatan, termasuk kebutaan.

Memperingati hal itu, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kabupaten Siak bekerjasama dengan Perhimpunan Dokter Spesialis Mata Indonesia (PERDAMI) Propinsi Riau dan Ikatan Profesi Optometris Indonesia (IROPIN) Propinsi Riau menggelar bakti sosial Pemeriksaan Mata dan Pemberian Kacamata gratis di Pondok Pesantren Al-fadlah Minas, Ahad 17 Oktober 2021. 

Ketua IDI Kabupaten Siak Dr. Hendry Adi S, M.Ked(OG), Sp.OG melalui Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan Dr. Hasriza Eka Putra, M.Sc, SpA mengatakan, kegiatan bakti sosial Pemeriksaan Mata dan Pemberian Kacamata gratis itu digelar bersempena dengan hari penglihatan sedunia.

"Kegiatan ini merupakan bakti sosial Hari Penglihatan Sedunia. Sekaligus bentuk kepedulian kita terhadap santri, guru dan pengasuh serta masyarakat akan kesehatan mata," sebutnya. 

Lanjutnya menyampaikan, sebanyak 30 persen dari gangguan penglihatan yang dapat dikoreksi dengan kacamata terjadi pada usia anak-anak yaitu dibawah 18 tahun. Hal ini memiliki dampak pada kinerja pembelajaran di sekolah dan perkembangan emosional dan sosial. 

"Sebesar 80% dari apa yang anak-anak pelajari didapatkan melalui pemprosesan informasi secara visual. Oleh sebab itu penglihatan yang jelas dan nyaman adalah hal yang sangat penting untuk memastikan optimalnya proses belajar pada anak," ungkapnya.

Dokter yang sehari-hari bekerja di RSUD Perawang ini mengatakan bahwa jika ditemukan gangguan penglihatan yang dapat dikoreksi dengan kacamata pada pemeriksaan ini maka untuk sasaran tersebut akan dibuatkan dan dilakukan pemberian kacamata secara gratis. 

"Terdata sebanyak 293 orang yang mengikuti kegiatan hari ini. Jika ada gangguan penglihatan, peserta kita berikan kacamata secara gratis," sebutnya.

Selain periksa mata dan pemberian kacamata secara gratis, IDI cabang Siak juga melakukan pemberian vaksinasi Covid-19 bagi santri dan masyarakat sekitar pondok pesantren di hari penglihatan sedunia ini.

Kegiatan itu dihadiri Bupati Siak Drs H Alfedri MSi, Camat Minas H Hendra Adi Nugraha, SSTP, Msi, Pembina Pondok Pesantren Al-fadlah, Ibu Khairani Hasyim, SKM, M.Si, Ketua Perhimpunan Dokter Spesialis Mata Indonesia (PERDAMI) Riau Dr. Efhandi Nukman, Sp.M(K), Ketua Ikatan Profesi Optometris Indonesia (IROPIN) Riau Faraouk Marzuki Amd. RO. ST, dan pengurus IDI Kabupaten Siak.***