Ini Awal Mula Kenapa Setiap Tanggal 13 Oktober Diperingat Hari Tanpa Bra Sedunia

Rabu, 13 Oktober 2021

Ilustrasi: net

JAKARTA, Riautribune.com - Setiap tanggal 13 Oktober, diperingati sebagai No Bra Day atau hari tanpa bra sedunia. No Bra Day ini sendiri bukan hanya tentang kenyamanan, tapi peringatan yang jatuh tepat di tengah Bulan Peduli Kanker Payudara, diperingati agar orang-orang meningkatkan kesadaran untuk mempelajari kesehatan payudara. 

No Bra Day diperingati untuk mengingatkan orang jika kanker payudara adalah penyakit yang berpotensi fatal, tetapi juga salah satu bentuk kanker yang paling dapat dicegah.

Melansir dari Nationaltoday.com, No Bra Day adalah tentang belajar mengenali tanda-tanda peringatan dini dan mendapatkan keunggulan dalam memerangi kanker.

Asal mula No Bra Day dapat ditelusuri kembali kedua hari dalam sejarah: 9 Juli 2011 dan 19 Oktober 2011. Awalnya didirikan di Toronto, Kanada di mana awalnya diberi judul Hari Bra oleh Dr Mitchell Brown.

Hari BRA (Rekonstruksi Payudara — Acara Belajar dan Berbagi) diperingati untuk meningkatkan kesadaran bagi wanita yang menjalani mastektomi dan mendorong untuk melakukan pemeriksaan diri.

Pada bulan Juli 2011, seseorang yang menggunakan nama samaran Anastasia Donuts menyusun Hari Tanpa Bra Nasional untuk meningkatkan kesadaran kanker payudara, dibantu dengan situs web untuk membantu mempromosikan acara tersebut. Tiga tahun kemudian, dua hari itu digabungkan dan diundur menjadi 13 Oktober untuk diperingati dalam Bulan Peduli Kanker Payudara Nasional.

Beginilah timeline sejarah peringatan No Bra Day:

1. Kasus Kanker Pertama yang Tercatat
Kasus pertama kanker ditemukan sekitar tahun 1600 SM di Mesir tercatat pada The Edwin Smith Papyrus yang menggambarkan delapan kasus berbeda dari pertumbuhan dan bisul yang ditemukan di dalam payudara.

2. Mastektomi Radikal Pertama
Mastektomi Halsted (yang dianggap sebagai mastektomi radikal pertama) dilakukan oleh ahli bedah Amerika William Halsted pada tahun 1882.

3. Peluncuran Pekan Kesadaran Kanker Payudara
Sebuah acara terorganisir selama seminggu terjadi di Amerika Serikat untuk menyebarkan kesadaran kanker payudara.

4. Pita Merah Muda Jadi Simbol Kesadaran Kanker Payudara
Yayasan Kanker Payudara Susan G. Komen mulai membagikan pita merah muda kepada para penyintas kanker payudara dalam acara Race For The Cure.