Barisan Celeng, Lawan Baru Banteng PDI Perjuangan di Pilpres 2024

Rabu, 13 Oktober 2021

Foto : Istimewa

Jakarta - Kader PDIP pendukung Ganjar Pranowo di Pilpres 2024 makin membuat panas internal Partai PDIP usai disebut celeng oleh Ketua DPD PDIP Jateng Bambang 'Pacul' Wuryanto. Mereka kini membentuk logo celeng hingga mengaku bakal berjuang untuk memenangkan Ganjar.

Sebetulnya, ramainya 'banteng' dan 'celeng' itu diawali ketika salah satu Wakil Ketua DPC PDIP Kabupaten Purworejo, Albertus Sumbogo, dan beberapa pengurus mendeklarasikan diri siap mendukung Ganjar Pranowo maju Pilpres 2024. Deklarasi itu ternyata disorot oleh Kader PDIP, Bambang 'Pacul'.

Bambang menilai, selain keluar dari barisan PDIP, sikap para kader tersebut bak celeng. Menurutnya, sikap mereka tidak menggambarkan kader banteng.

"Adagium di PDIP itu yang di luar barisan bukan banteng, itu namanya celeng. Jadi apa pun alasan itu yang deklarasi, kalau di luar barisan ya celeng," tegasnya

Ternyata sebutan celeng Bambang 'Pacul' ini berbuntut panjang. Para kader yang tidak terima itu bahkan membuat logo untuk menandai diri sebagai celeng yang berjuang.

Kader PDIP Pendukung Ganjar Bikin Logo Barisan Celeng
Para kader PDIP pendukung Ganjar mengamini sebutan Celeng dari Bambang 'Pacul'. Mereka bahkan sampai membuat logo untuk menandai diri.

Logo yang dibuat bergambar celeng berwarna merah dengan taring panjang beserta background warna hitam. Dalam logo itu juga terdapat tulisan 'Barisan Celeng Berjuang'.

Gambar kepala celeng berwarna merah yang kini viral di media sosial itu ternyata dibuat sendiri oleh salah satu penggerak Seknas Ganjar Indonesia (SGI) Kabupaten Purworejo sekaligus kader PDIP, yakni Eko Lephex.

"Gambar yang buat saya, Mas. Celeng kan lagi viral," kata Eko saat dihubungi detikcom, Selasa (12/10/2021).*