Berduka atas Wafatnya Datuk Al Azhar, Ustaz Somad Unggah Puisi Mengharukan

Rabu, 13 Oktober 2021

Datuk Seri Al Azhar dan Ustaz Abdul Somad

PEKANBARU, Riautribune.com - Ustaz Abdul Somad merasa sangat berduka atas wafatnya Ketua Majelis Kerapatan Adat, Datuk Seri Al Azhar, Selasa malam, 12 Oktober 2021, pukul 22.04 WIB. Rasa duka mendalam itu disampaikan ulama kondang itu lewat bait-bait puisi.

Dalam puisi berjudul " Di surga kita bersua" itu itu, Ustaz Somad mengenang jasa baik Al Azhar kepada dirinya saat ia menghadapi sejumlah tekanan dari berbagai pihak yang merasa tidak senang atas ceramah-ceramahnya yang dikenal kritis dan lugas.

Diinisiasi Datuk Al Azhar, Ustaz Somad diberi gelar Datuk Seri Ulama Setia Negara sebagai dukungan penuh Lembaga Adat Melayu terhadap Ustaz Somad. Dengan gelar ini, posisi Ustaz Somad tentu bukan lagi ulama sembarangan yang dapat diganggu begitu saja.

Kesedihan Ustaz Somad makin terasa karena sqqt kabar duka ini datang, dia sedang tidak berada di Pekanbaru. Hanya doa dan Alfatiha saja yang dilantunkan sebagai pengiring kepergian sang penjaga marwah Melayu. Berikut puisi yang diunggah Ustaz Somad di akun Instagramnya. 

 

Di Surga Kita Bersua 

 

Engkau bela aku saat lara mendera

Engkau tabalkan Datuk Seri Ulama Setia Negara

Untuk membantah fitnah dan huru hara

Engkau tak pernah minta balas jasa

Berita sakit pun tak sampai ke telinga

Saat aku jauh di seberang Sumatera

Datang khabar mengharukan jiwa

Sempat terkirim al-Fatihah dan doa

Rupa-rupanya itu pengiring Datuk pergi selamanya

Adapun silap, salah dan lupa

Tiada manusia lepas darinya

Biarlah Allah Azza wa Jalla

Menghapus dan mengganti dengan balasan mulia...