Stone Fruit, Jenis Buah yang Bagus Untuk Diet, Apa Saja?

Jumat, 08 Oktober 2021

Ilustrasi: net

JAKARTA, Riautribune.com - Stone fruit merupakan istilah bagi buah yang memiliki biji di tengah. Setelah biji, terdapat lapisan-lapisan daging buah yang sedap disantap.

Adapun contoh stone fruit yakni buah persik, ceri, aprikot, plum, mangga, avokad, dan lainnya. Buah-buahan ini kaya antioksidan, serat, vitamin A, vitamin C,vitamin E, dan gula alami.

Bagi yang sedang diet, stone fruit bisa menjadi camilan sehat dan mengenyangkan. Kamu bisa menjadikannya jus, smoothie, salad buah, dicampur dengan oatmeal, atau dimakan begitu saja.

Berikut manfaat stone fruit seperti dikutip dari Times of India:

1. Meningkatkan kekebalan tubuh
Buah batu mengandung antioksidan dan vitamin C yang baik meningkatkan kekebalan tubuh dan mengurangi dampak stres oksidatif karena radikal bebas. Mengkonsumsi buah-buahan ini juga bisa meningkatkan produksi sel darah putih yang berperan menangkal infeksi dan alergi.

2. Meningkatkan produksi kolagen
Vitamin C dan antioksidan dalam buah batu juga meningkatkan produksi kolagen yang bermanfaat bagi kulit dan rambut. Aprikot dan plum yang murni atau ekstraknya juga lazim digunakan sebagai bahan pembuatan produk kecantikan. Buah-buahan membantu memperlambat penuaan kulit.

3. Menurunkan tekanan darah
Kandungan kalium dalam buah persik dan plum membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan membantu memperlancar peredaran darah. Olah buah tersebut menjadi smoothies, campuran salad, atau dimakan begitu saja.