IKPP Beri Beasiswa untuk 60 Orang Mahasiswa Asal Siak

Kamis, 07 Oktober 2021

Foto : Istimewa

SIAK, Riautribune.com - PT Indah kiat Pulp and Paper Perawang Mill, melalui program CSR (Corporate Social Responsibility) kembali menyalurkan beasiswa bagi mahasiswa kurang mampu yang berprestasi, dan berdomisili di Kabupaten Siak.

Tercatat sebanyak 60 orang mahasiswa di beberapa kecamatan di Kabupaten Siak hari ini Kamis 7 Oktober 2021 menerima bantuan berupa uang tunai senilai Rp 2.400.000, di gedung rumah pintar Abdul Wahid, kecamatan Tualang, Kabupaten Siak, Riau.

Program bantuan beasiswa unggulan ini sudah menyalurkan ke lebih dari 200 orang mahasiswa sejak program CSR koorporasi kertas terbesar se-Asia Tenggara ini diluncurkan.

Para mahasiswa yang mendapatkan beasiswa ini, merupakan mahasiswa yang memiliki nilai Indeks Prestasi (IP) diatas 2,75 dan telah melalui tahap penyaringan.

Tak tanggung-tanggung, setiap tahunnya ratusan mahasiswa berbondong-bondong mendaftarkan diri untuk mendapatkan beasiswa dari Perusahaan kertas di negeri Bumi Lancang Kuning ini.

Seperti yang diungkapkan Sofia Deviana Utami, mahasiswi fakultas Ilmu sosial dan ilmu politik di Universitas Riau ini, telah menerima bantuan beasiswa selama 6 semester berturut-turut hingga saat ini.

"Alhamdulillah pak, saya sudah 6 semester mendapatkan beasiswa dari CSR PT IKPP ini. Ini sangat membantu sekali, untuk biaya kuliah setiap semesternya," ungkapnya.

Alumni SMA Negeri 2 Tualang ini juga bercerita bagaimana ia bisa mendapatkan beasiswa tersebut. Mulai dari mengajukan persyaratan, hingga di survey langsung oleh tim CSR PT IKPP.

"Gak mudah juga sih pak, dulu saya dapat informasi dari koran, kemudian saya daftarkan, ternyata harus ada tahap-tahap lagi hingga lolos penyaringan. Apalagi untuk mendapatkan beasiswa ini nilai IP saat kuliah harus diatas 2,75. Alhamdulillah hingga saat ini saya bertahan dengan IP 3,9," terangnya.

Hal senada juga disampaikan Frengki Sanjaya, mahasiswa Fakultas Hukum, Universitas Riau ini mengaku sangat senang dapat terbantu dengan adanya beasiswa dari CSR PT IKPP ini. 

"Selama 8 semester pak saya terbantu oleh beasiswa ini. Saya bersyukur nilai saya juga stabil, terakhir ini IP saya 4,0. senang sekali lah pak, dapat terbantu biaya kuliah setiap semesternya," ujar Alumni SMA Negeri 1 Koto Gasib itu.

Anak Petani di Kampung Pangkalan Pisang, Kecamatan Koto Gasib ini juga berharap kepada rekan-rekan mahasiswa lainnya yang sudah mengikuti proses namun tidak lolos penjaringan penerima beasiswa dari CSR PT IKPP ini, supaya lebih meningkatkan lagi nilai hasil belajarnya. 

"Saya sangat berharap, diluar sana masih banyak rekan rekan mahasiswa lainnya yang juga membutuhkan beasiswa ini namun tidak berhasil lolos penjaringan, mudah-mudahan ditahun-tahun berikutnya rekan-rekan lainnya juga bisa mendapatkan bantuan seperti saya dan teman-teman lainnya," sebutnya.

Sementara itu, pimpinan PT IKPP Perawang Mill Hasanuddin The melalui Menager CSR, Murseno mengatakan program beasiswa unggulan ini merupakan bentuk kepedulian perusahaan terhadap dunia pendidikan.

"Ini program tahunan kita, dengan tujuan membantu putra-putri daerah saat mengenyam pendidikan di Universitas Negeri, agar lahir SDM berkualitas dari kalangan putera-puteri daerah," jelasnya.

Murseno juga mengatakan, setiap tahunnya para mahasiswa ini diseleksi secara ketat dengan berbagai syarat, salah satunya mahasiswa yang mengajukan beasiswa wajib memiliki IP diatas 2,75.

 "Mereka harus mempertahankan nilainya, jika nilai IP dibawah 2,75, mereka tidak bisa mendapatkan beasiswa kembali. Semester genap ini ada 2 orang putra-putri terbaik Kabupaten Siak yang mendapatkan IP 4,0. Ini harus terus ditingkatkan mereka. Harapan kita mereka bisa lulus dengan predikat Cum Laude," terangnya.

Diketahui, setiap mahasiswa penerima beasiswa dari program unggul CSR PT IKPP Perawang Mill mendapatkan beasiswa senilai Rp 1,2 juta setiap semesternya. Beasiswa ini diberikan setiap tahunnya.*