Bersama Kasatlantas Polresta Pekanbaru, Capella Honda Riau Ajak Mahasiswa Politeknik LP3I jadi Gener

Rabu, 06 Oktober 2021

Keterangan Poto : Kegiatan seminar Safety Riding PT Capella Dinamik Nusantara Riau bersama Kasatlantas Polresta Pekanabaru

PEKANBARU, Riautribune.com - PT Astra Honda Motor (AHM) bersama PT Capella Dinamik Nusantara (CDN) Main Dealer Honda wilayah Riau kembali menggelar kegiatan seminar tentang keselamatan berkendara yang diikuti sejumlah mahasiswa/i Politeknik LP3I Kampus Pekanbaru.

Dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, seminar safety riding secara offline bertajuk “Generasi #Cari_Aman untuk Indonesia” ini diikuti sebanyak 50 mahasiswa/i Politeknik LP3i Kampus Pekanbaru. Kegiatan seminar safety riding ini juga digelar serentak di seluruh Indonesia.

Kasatlantas Polresta Pekanbaru, AKP Angga Wahyu Prihantoro mengatakan kegiatan ini penting dilakukan karena untuk mengajak masyarakat untuk sadar dan peduli tentang keselamatan berkendara. Karena semua memiliki hak di jalan raya, baik itu pejalan kaki, pengendara sepeda motor maupun pengemudi mobil.

"Hal yang perlu diperhatikan dalam safety riding, manajemen waktu, kelengkapan berkendara. Menggunakan helm, saat terjadi kecelakaan bisa mengurangi hingga 80 persen fatalitas cidera," ujar Angga saat menghadiri seminar safety riding di Politeknik LP3I Kampus Pekanbaru.

Zulyandri selaku Praktisi K3 & Job Placement Politeknik LP3I Kampus Pekanbaru dalam kesempatan itu juga menyampaikan tentang etika dalam berkendara di jalan raya.

"Selain mempersiapkan kendaraan, kita juga harus fokus dalam berkendara dengan mengikuti aturan lalu lintas," sebut Zulyandri.

Instruktur Safety Riding Capella Honda Riau, Arif Rahman Hakim dalam materinya menyampaikan 3 faktor penyebab kecelakaan antara lain manusia, kendaraan dan lingkungan dimana faktor manusia adalah faktor utama penyebab kecelakaan di angka 90 persen dan selebihnya adalah kendaraan 7 persen, lingkungan 3 persen.

Setiap peserta yang mengikuti seminar ini mendapatkan sertifikat dan dapat mengikuti kuis twebone yang berhadiah pulsa untuk sepuluh peserta beruntung.

Jonny Winata selaku Sales Manager PT CDN Riau juga mengatakan, kegiatan ini merupakan wujud komitmen AHM dan CDN Riau dalam menyebarkan ilmu keselamatan berkendara serta memperkenalkan slogan keselamatan berkendara sepeda motor Honda #Cari_aman kepada masyarakat.

Harapannya dengan kegiatan seminar safety riding ini dapat memberikan wawasan serta pemahaman bagi mahasiswa tentang ilmu keselamatan berkendara serta menjadi duta keselamatan bagi lingkungan keluarga, kampus serta masyarakat sekitar. Tentunya masa Pandemi ini para mahasiswa dapat menjadi GENERASI #CARI_AMAN Untuk Indonesia.

Sebelum penyampaian materi peserta diajak mengikuti pre tes online guna mengetahui pengetahuan umum terkait ilmu keselamatan berkendara, para peserta sangat antusias mengikutinya.